nusabali

Generasi Muda Dapat Kesempatan Berkarier di BUMN

  • www.nusabali.com-generasi-muda-dapat-kesempatan-berkarier-di-bumn

SINGARAJA, NusaBali
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan kesempatan generasi muda untuk berkarier di perusahaan-perusahaan BUMN.

Hal tersebut disampaikan Erick Thohir melalui staf khususnya, Arya Sinulingga dalam kegiatan ‘BUMN Goes to Campus’ di Universitas Pendidikan Ganesha Undiksha Singaraja, Jumat (10/2).

Arya Sinulingga menyebutkan, jabatan puncak di perusahaan-perusahaan BUMN diisi oleh kaum muda sebanyak 5 persen. Kata dia, Kementerian BUMN menargetkan pada tahun 2023 jumlah pemimpin muda bertambah menjadi 10 persen. Demikian juga dengan pemimpin perempuan diharapkan tumbuh menjadi 25 persen.

Untuk mendorong keterlibatan generasi muda di perusahaan BUMN, Kementerian BUMN menggencarkan promosi di kampus-kampus melalui kegiatan ‘BUMN Goes to Campus’. Kegiatan ini memberikan pemahaman tentang transformasi Kementerian BUMN untuk menginspirasi generasi muda.

Kata Arya Sinulingga, ada lima strategi Kementerian BUMN mendorong perusahaan BUMN menjadi world class. Salah satunya adalah pengembangan talenta. Strategi ini membuka kesempatan luas bagi generasi muda untuk berkarya dan berkarier di BUMN. "Bapak Menteri meminta kami untuk mengenalkan BUMN. Ini kami hadirkan beberapa BUMN," katanya.  

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Hubungan Masyarakat, dan Alumni Undiksha, Prof Dr I Wayan Suastra, menyampaikan, kehadiran BUMN ke kampus adalah pemantik semangat bagi civitas akademika untuk terus berupaya menunjukkan kualitas terbaik.  

Ia berharap ke depan ada peluang-peluang yang bisa diikuti oleh mahasiswa, salah satunya program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) di perusahaan-perusahaan BUMN untuk mewujudkan lulusan perguruan tinggi yang berdaya saing.

"Ini menyentuh program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Karena kami membutuhkan partner, membutuhkan tempat untuk belajar. Karena 2 semester itu harus belajar di luar kampus. Program ini kami apresiasi dan bisa Undiksha dipilih menjadi tempat melaksanaan kegiatan ini," ungkapnya.

Dalam kegiatan itu sejumlah perusahaan BUMN membuka both mengenai informasi karir, magang, lowongan kerja, hingga beasiswa. Kegiatan itu juga diisi seminar bertajuk ‘Reach Your Dream’, yang menghadirkan pembicara yang merupakan pemimpin muda perusahaan BUMN, yaitu Koordinator Bidang 2 FHCI, Rini; VP Of Business Development MDI Ventures, Alvin Evander; dan General Manager Angkasa Pura 1 Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Handy Heryudhitiawan. *mz

Komentar