nusabali

Dipastikan, Semua Gedung Pemerintah Dipakai

  • www.nusabali.com-dipastikan-semua-gedung-pemerintah-dipakai

BANGLI, NusaBali
Pemkab Bangli sedang menata areal perkantoran. Beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dipindahkan ke gedung baru.

Meski demikian, dipastikan semua gedung lama dimanfaatkan. Kepala Bappeda Bangli I Nyoman Udiana Marhardika mengatakan beberapa kantor OPD di Bangli menjadi satu areal. Antara lain, lantai 2 Terminal Loka Crana, Bangli, diisi Disdukcapil, BKPAD, Bappeda, dan Disperindag. Kantor menjadi satu areal ini merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan akses dan layanan publik.  Ada juga areal perkantoran di Kelurahan Kubu, Bangli, yakni Kantor Dinas PUPR Perkim, BPBD, Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangli.

Selain untuk meningkatkan layanan, pemindahan kantor tersebut karena kantor sebebelum kurang representatif. "Contohnya, Badan Kesbangkpol yang sebelumnya berbagi ruang dengan Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa. Sekarang, Badan Kesbangpol menempati gedung lain," ungkapnya, Rabu (8/2).

Udiana Mahardika menjelaskan kini ada beberapa gedung yang masih kosong pasca OPD pindah. Disperindag pindah ke Lantai 2 Terminal Loka Crana, kemudian gedung tersebut ditempati Badan Kesbangpol. BKPAD juga pindah ke gedung lantai II Terminal Loka Crana dan kini gedung ditempati Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bangli. "Kenapa Kantor Disparbud dipindahkan ke sana? Karena ada historisnya. Dulu Sedahan Agung dan subak ada di BKPAD, kini subak ada di Dinas Pariwisata," jelasnya.

Sedangkan eks Kantor Disparbud akan menjadi ruang terbuka hijau serta akan disiapkan sarana penunjang untuk Alun-alun Bangli, seperti areal parkir. "Alun-alun Bangli sudah dibangun. Nanti akan disiapkan fasilitas penunjang dan untuk ruang terbuka," kata pejabat asal Kelurahan Kawan, Bangli ini.

Beranjak ke kantor eks Dinas Pengendalian Penduduk-Keluarga Berencana-Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak (Pengendalian Penduduk KB PPPA) Kabupaten Bangli. Pasca dinas diciutkan dan bergabung ke OPD lain, gedung tidak terisi penuh. Ke depan direncanakan dikembangkan untuk Tempat Penitipan Anak (TPA) yang representaif. "Memang untuk pembangunan akan dilakukan secara bertahap, karena anggaran terbatas," ujarnya.

Gedung Dinas PKP dan Disdukcapil nantinya akan menjadi pintu masuk dan keluar untuk sport center Kabupaten Bangli. Gedung eks Dinas PUPR Perkim kini masih dipinjam untuk kantor semetara Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bangli. Setelahnya, akan dimanfaatkan untuk Kantor Satpol PP Bangli. Kemudian gedung Satpol PP saat ini akan digunakan untuk kantor KONI Bangli. Diketahui, gedung yang saat ini ditempati merupakan aset provinsi yang akan dimanfaatkan SMAN 1 Bangli.

Sedangkan gedung eks BPBD Bangli akan dikembangkan untuk Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) akan dibangun tahun ini. Eks gedung DLH Bangli juga akan dikembangkan untuk pusat seni dan budaya. Bahkan nantinya akan ada panggung in door dan out door. Aset tersebut bisa disewa untuk penyenggaraan kegiatan termasuk pernikahan.

Udiana Mahardika menegaskan gedung yang ada dimanfaatkan dengan optimal. Olah karena itu, tidak ada gedung yang tidak terawat atau terbengkalai.*esa

Komentar