nusabali

Perpustakaan Karangasem Dilengkapi 12.454 Buku

  • www.nusabali.com-perpustakaan-karangasem-dilengkapi-12454-buku

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Karangasem kini menyediakan 12.454 eksemplar buku. Dengan banyaknya buku ini, pihak dinas mengharapkan terjadi peningkatan kunjungan.

Tahun 2020-2022, perpustakaan ini sempat tutup karena pandemi Covid-19. "Kami telah sediakan 12.454 judul buku, bertambah di bandingkan sebelumnya hanya 12.267 judul buku. Tahun 2023 rencana pengadaan buku baru, berharap pengunjung meningkat lagi," jelas Kadis Perpustakaan dan Kearsipan I Wayan Putu Laba Erawan, di ruang kerjanya, Jalan Ngurah Rai, Amlapura, Kamis (19/1).

Nanti, kata dia, ada dua pilihan untuk pengunjung. Bagi yang senang baca buku secara langsung di perpustakaan tersedia 12.454 judul buku. Sedangkan yang senang buku digital disediakan 1.100 eksemplar buku. Hanya saja untuk memanfaatkan buku digital masih menunggu launching.

Kali ini, lanjut Laba Erawan, karena PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) tidak berlaku lagi. Maka, pihaknya kembali membuka aktivitas perpustakaan, berharap pengunjung kembali berdatangan. Tercatat terakhir pengunjung di awal tahun 2020, hanya 645 pengunjung, tahun 2017 sebanyak 11.462  pengunjung, terjadi penurunan tahun 2018 sebanyak 6.636 pengunjung, tahun 2019 sebanyak 4.782 pengunjung. "Kami terus berinovasi dengan mengundang siswa dari sekolah-sekolah terdekat agar memanfaatkan perpustakaan milik pemerintah. Apalagi telah tersedia 11 komputer, bisa untuk mengakses internet," jelasnya.

Selama ini, pengunjung dapat pelayanan dari empat pustakawan yakni Ni Luh Rai, Nyoman Sariada, Nyoman Terak, dan Iwan Suparta. Ni Luh Rai mengatakan, tercatat sebanyak 2.409 anggota yang selama ini aktif melakukan kunjungan dan pinjam buku. "Anggota perpustakaan itu aktif berkunjung dan pinjam buku," katanya.

Jika di luar jam kerja, lanjut Ni Luh Rai, siswa atau masyarakat umum bisa memanfaatkan wifi gratis yang ada di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Karangasem, terutama Sabtu dan Minggu. Wifi buka 24 jam, sangat bermanfaat untuk siswa. Terutama siswa yang mengerjakan tugas-tugas sekolah, mencari referensi di internet. Dalam waktu dekat berencana menggelar lomba mengundang siswa TK dan SD untuk mendekatkan pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Karangasem.*k16

Komentar