nusabali

Dipuput 15 Sulinggih, Nyineb pada Umanis Kuningan

Pujawali di Pura Penataran Agung Catur Parahyangan Ratu Pasek

  • www.nusabali.com-dipuput-15-sulinggih-nyineb-pada-umanis-kuningan

SEMARAPURA, NusaBali
Ribuan pamedek dari Pasemetonan Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) se-Nusantara menggelar persembahyangan saat puncak pujawali di Pura Penataran Agung Catur Parahyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana, Banjar Pundukdawa, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung, pada hari Pamacekan Agung, Soma Kliwon Kuningan, Senin (9/1).

Pujawali dipuput 15 sulinggih (Ida Pandita Mpu). Ketua MGPSSR Klungkung I Wayan Sudiarsa mengatakan, pujawali sebagai wujud bhakti pertisentana kepada Ida Bhatara Lelangit yakni Ida Bhatara Mpu Gana yang berstana di Pura Penataran Agung Catur Parahyangan Ratu Pasek di Banjar Pundukdawa. Melalui pujawali ini diharapkan antar pasemetonan semakin guyub demi terciptanya kedamaian dan kesejahteraan secara menyeluruh.

Saat pujawali ada pementasan Tari Rejang Gana, Baris Dulang Mangap, Topeng Sidakarya, dan Wayang Lemah. Ada juga persembahan Tari Rejang Taksu Buana, Rejang Teratai Putih, dan Baris Gede oleh PSN (Pinandita Sanggraha Nusantara) Kecamatan Denpasar Barat. “Pinandita istri menari Rejang, yang lanang Baris Gede. Ada juga pementasan gambelan Selonding dari Padangtegal, Kelurahan Ubud, Gianyar,” ujar Sudiarsa.

Pada Anggara Umanis Kuningan, Selasa (10/1) mulai nganyarin dari masing-masing kabupaten/kota se-Bali. Ketua dan pengurus MGPSSR se-Bali akan tangkil. Nyejer selama 6 hari, nyineb pada Redite Umanis Langkir, Minggu (15/1) atau Umanis Kuningan. Bagi semeton Pasek di seluruh Bali dan Nusantara diharapkan tangkil ngaturang bakti ring Ida Bethara Lelangit. “Kami mengajak semeton melaksanakan Catur Swadarmaning Kepasekan, salah satunya dengan bakti kepada Ida Bhatara Lelangit,” ujar Sudiarsa. *wan

Komentar