nusabali

Pelaku Sanggupi Ganti Rugi, Pencurian di Toko Berujung Damai

  • www.nusabali.com-pelaku-sanggupi-ganti-rugi-pencurian-di-toko-berujung-damai

SINGARAJA, NusaBali
Kasus pencurian pada sebuah toko di Desa Giri Emas, Kecamatan Sawan, Buleleng, oleh mantan karyawan toko setempat, Gede Tila Ariasa,24, berujung damai.

Perdamaian disepakati kedua pihak, baik pelaku Tila Ariasa maupun korban, Gede Sutarma Jaya,36, selaku pemilik toko. Sebelumnya, penanganan kasus ini secara intensif dilakukan oleh apparat kepolisian. Dari hasil pemeriksaan, aksi pencurian itu melibatkan dua rekan pelaku Tila Ariasa, yakni Kadek Agus Satriawan,20, yang diajak makan dan minum pelaku, dan Kadek Murtiasa, 20, yang diberikan uang pelaku Rp 100.000.

Lantaran kerugian yang dialami korban sebesar Rp 1,3 juta dan tindak pidana dilakukan bersifat ringan, akhirnya penyelesaian atas kasus tersebut dilakukan secara musyawarah dan mufakat. Upaya penyelesaian persoalan tersebut, dilakukan atas kesepakatan kedua pihak yang disampaikan dihadapan Kapolsek Sawan, AKP Dewa Putu Sudiasa.

Kapolsek Sawan AKP Dewa Putu Sudiasa mengatakan, dari hasil kesepakatan yang dilakukan pihak pertama yang terdiri dari tiga orang yakni para pelaku telah bersedia mengembalikan kerugian yang dialami korban pada 12 Januari 2023. "Mereka meminta maaf atas perbuatan yang dilakukannya serta berjanji tidak akan mengulangi lagi perbuatannya," kata dia.
 
Permintaan maaf para terduga pelaki ini, diterima langsung pemilik toko yakni Sutarma Jaya. Untuk itu, korban tidak melakukan penuntutan sesuai ketentuan peraturan hukum yang berlaku, sehingga persoalan ini cukup diselesaikan dengan cara kekeluargaan.

"Kesepakatan ini dituangkan dalam surat kesepakatan perdamaian tertanggal 9 Januari 2023 yang ditandatangani kedua belah pihak dan diketahui saksi-saksi yang ada serta Perbekel Desa Girimas. Jadi kasus ini sudah diselesaikan secara kekeluargaan," pungkas AKP Sudiasa.

Sebelumnya, Gede Tila Ariasa,24, terpaksa harus berurusan dengan pihak kepolisian, karena terbukti melakukan aksi pencurian di sebuah toko tempatnya bekerja sebelumnya di wilayah Desa Giri Emas. Pengungkapan kasus ini berawal dari laporan pemilik toko bernama Gede Sutarma Jaya, 36, ke Polsek Sawan.

Awalnya, Sabtu (7/1), korban datang ke toko miliknya untuk mengecek barang. Saat itu, korban mendapati beberapa barang dagangan di toko raib. Kemudian korban mengecek uang modal di laci kasir ternyata juga sudah hilang. Saat dicek d sekitar lokasi toko, ternyata pintu belakang sebelah barat toko dalam keadaan terbuka. Atas kejadian tersebut, korban melapor ke Polsek Sawan untuk ditindaklanjuti.*mz

Komentar