nusabali

Jelang Galungan, Bupati Pantau Harga di Pasar Galiran

  • www.nusabali.com-jelang-galungan-bupati-pantau-harga-di-pasar-galiran

SEMARAPURA, NusaBali -Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memantau situasi Pasar Galiran Klungkung, Minggu (1/1) pagi. Pada H-3 Galungan, Pasar Galiran lebih ramai dari biasanya.

Aktivitas jual beli meningkat, khususnya barang untuk keperluan sarana upacara. Bupati Suwirta keliling memantau situasi pasar didampingi Kadis Koperasi UMKM dan Perdagangan Klungkung I Wayan Ardiasa dan Kepala UPT Pasar Semarapura I Komang Sugianta. 

Bupati Suwirta mengawali memantau Pasar Galiran dari blok A, tempat pedagang buah hingga ke sisi selatan tempat para penjual daging ayam dan daging babi. Bupati Suwirta mengatakan, harga sejumlah barang mengalami kenaikan cukup signifikan, terutama bawang merah Rp 35.000/Kg, cabai merah Rp 55.000/Kg, dan cabai hijau Rp 55.000/Kg. 

Bupati meminta para pedagang mengatur tata letak barang dan tidak menaruh barang dagangan di sepanjang gang. “Kedisiplinan dan kebersihan para pedagang perlu ditingkatkan lagi,” tegas Bupati Suwirta. 

Pengunjung dan pedagang diimbau tetap hati-hati bawa tas atau dompet untuk menghindari pencopetan. Menurut penjual ayam potong di Pasar Galiran, Jamilah, kenaikan daging ayam terjadi sejak 3 hari lalu. Dari harga Rp 35.000/Kg menjadi Rp 45.000/Kg. “Mungkin kenaikan ini disebabkan menjelang Tahun Baru 2023 dan mendekati Galungan,” ujar Jamilah. Para pedagang juga memprediksi harga daging ayam akan terus naik hingga Galungan nanti. Kemungkinan harga ayam di atas Rp 50.000/Kg. “Harga ayam hidup saat ini Rp 26.000 /Kg,” kata Jamilah. 7 wan

Komentar