nusabali

STY Bertekad Kalahkan Filipina

  • www.nusabali.com-sty-bertekad-kalahkan-filipina

Pelatih asal Korsel itu tetap berpandangan positif dan bertekad meraih kemenangan atas Filipina pada laga pamungkas Grup A Piala AFF 2022, di Stadion Rizal Memorial, Manila.

JAKARTA, Nusabali
Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong geregetan melihat penampilan skuadnya saat imbang 1-1 dengan Thailand pada laga Grup A Piala AFF 2022, Kamis (29/12) malam. Namun Shin tetap berjanji akan membawa anak-anak asuhnya menang atas Filipina, Senin (2/1).

"Saya rasanya mau turun bermain lagi di lapangan (ketika lawan Thailand-red)," ujar Shin, usai laga melawan Thailand.

Hasil seri tersebut disesalinya mengingat banyaknya peluang yang diciptakan Skuad Garuda pada laga itu. Apalagi Thailand bermain dengan 10 pemain. Namun pelatih asal Korea Selatan itu tetap berpandangan positif dan bertekad meraih kemenangan atas Filipina pada laga pamungkas Grup A Piala AFF 2022, di Stadion Rizal Memorial, Manila.

Indonesia akan menyegel slot di semifinal jika mampu menahan imbang atau menang atas lawannya itu. Namun untuk jadi juara grup, Indonesia wajib menang besar dengan selisih gol melampaui Thailand yang pada laga pamungkasnya akan melawan Kamboja, juga Senin (2/1).

"Tidak usah khawatir, kami harus menang," tutur Shin.

Lebih jauh Shin Tae-yong mengatakan, skuadnya seharusnya mampu mengalahkan Thailand  dan dapat mencetak gol begitu mendapatkan peluang. 

Salah satu yang paling kentara percobaan Witan Sulaeman pada menit ke-39. Ketika itu, Witan yang berhasil merebut bola dari kiper di luar kotak penalti gagal mengarahkan bola ke gawang yang kosong.

Meski demikian, Shin tidak ingin menumpukan hasil imbang itu kepada individu pemain. Momen Witan itu, kata Shin melanjutkan, dianggapnya sebuah ketidakberuntungan.

"Witan itu salah satu pemain dengan 'finishing' terbaik di tim ini. Akan tetapi, untuk berikutnya, tidak ada alasan. Wajib mencetak gol," kata Shin.

Rasa kecewa juga dirasakan gelandang timnas Indonesia Marc Klok. Akan tetapi, Klok tidak mau larut dalam gundah. Dia pun menargetkan kemenangan atas Filipina pada laga terakhir Indonesia di Grup A demi memastikan satu tempat di semifinal.

"Saya ingin kami menang dengan banyak gol di Filipina," tutur Klok.
Indonesia tidak mengalami masalah berarti jelang laga melawan Filipina. 

Hampir semua pemain Tim Merah-Putih dalam kondisi fit. Satu pemain kondisinya meragukan adalah Egy Maulana Vikri, usai tidak menyelesaikan laga lawan Thailand. 

Selain Egy, tidak ada lagi pemain yang mengalami masalah kebugaran. Mereka siap tempur meraih poin penuh di kandang Filipina.

Indonesia sendiri imbang 1-1 dengan Thailand pada laga Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12). Gol Indonesia dilesakkan Marc Klok dari titik penalti, dan Thailand membalas melalui Sarach Yooyen.

Hasil tersebut membuat Indonesia di peringkat kedua Grup A dengan tujuh poin dari tiga laga (selisih gol +8). Thailand memuncaki klasemen juga dengan tujuh poin dari tiga laga tetapi unggul selisih gol (+9).

Kamboja di peringkat ketiga dengan enam poin (tiga laga, selisih gol +4), lalu di bawahnya Filipina dengan tiga poin dari tiga laga (selisih gol -1) dan Brunei Darussalam di dasar klasemen dengan nol poin dari empat laga (selisih gol -20). ant

Komentar