nusabali

Barca Tancap Gas Jaga Puncak

  • www.nusabali.com-barca-tancap-gas-jaga-puncak

BARCELONA, NusaBali - Barcelona akan ditantang Espanyol di Camp Nou pada laga pekan ke-15 La Liga,  Sabtu (31/12) malam, pukul 21:00 WITA.

Derby Catalan itu akan menjadi laga pertama Barcelona setelah jeda panjang Piala Dunia 2022. 

Barcelona ingin langsung tancap gas, untuk menjaga posisi di puncak klasemen, yang  masih jauh dari kata aman. Pada pekan ke-14, Barcelona memimpin klasemen dengan 37 poin. Barca hanya unggul dua poin atas peringkat dua Real Madrid.

Dalam laga terakhirnya sebelum Piala Dunia 2022, Barcelona menang tipis 2-1 di kandang Osasuna. Sempat kebobolan gol cepat di menit 6, tim asuhan Xavi itu berbalik menang berkat gol-gol Pedri menit 48 dan Raphinha menit 85.

Striker utama Barcelona, Robert Lewandowski diganjar dua kartu kuning di laga tersebut. Dia juga dijatuhi skorsing tiga laga karena terlihat melakukan gestur tak pantas kepada wasit yang memimpin pertandingan itu.

Barcelona tidak bisa menurunkan kekuatan saat meladeni Espanyol, tetapi mereka tetap difavoritkan. Sebab, rival sekota yang diperkuat pemain-pemain seperti Joselu dan Martin Braithwaite itu sekarang masih tercecer di papan bawah.

Espanyol baru meraih dua kemenangan di La Liga musim ini. Sebaliknya, Barcelona belum terkalahkan di kandang sendiri. Dalam tujuh laga kandang yang sudah mereka mainkan di La Liga musim ini, Barcelona bahkan selalu clean sheet.

Apalagi jelang laga itu, pelatih Barca Xavi Hernandez memotivasi para pemainnya, dengan menjanjikan traktir makan atau dapat hari libur ekstra. 

Hal itu  terungkap dalam sebuah film dokumenter 'FC Barcelona: A New Era' di Amazon Prime menampilkan kehidupan ruang ganti Barcelona. Para Cules (sebutan fans Barca) dapat melihat berbagai rekaman yang belum pernah ditayangkan soal obrolan para pemain, momen-momen menarik, sampai tindak-tanduk seluruh staff Barcelona.

Dilansir dari Marca, beberapa cuplikan dari film dokumenter itu ada yang mencuri perhatian. Yakni soal, pelatih Xavi yang suka memberi janji kepada para pemainnya jika memenangi laga.

"Jika kita menang, saya akan beri kalian hari libur tambahan di Natal nanti. Jika kita bisa mencetak dua gol sebelum tiga menit, saya traktir makan di mana saja yang kalian mau," kata Xavi, jelang kontra Espanyol. *

Perkiraan Starting XI

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Alba, Kounde, Christensen, Bellerin; Pedri, Busquets, Gavi; Fati, Ferran Torres, Dembele. Pelatih: Xavi.

Espanyol (4-3-3): Lecomte; Olivan, Cabrera, Calero, Gil; Exposito, Darder, Souza; Braithwaite, Joselu, Javi Puado. Pelatih: Diego Martinez.

Komentar