nusabali

Proyeksi Hadapi Pra PON 2023, KONI Bali Panggil Pengurus Cabor

  • www.nusabali.com-proyeksi-hadapi-pra-pon-2023-koni-bali-panggil-pengurus-cabor

DENPASAR, NusaBali - KONI Bali akan memanggil Pengprov Cabang Olahraga pada awal 2023. Pemanggilan itu dalam persiapan dan proyeksi Pra PON yang bergulir pada 2023.

Pengprov pun diharapkan memberikan presentasi terkait kesiapan menatap Pra PON agar mendapat tiket ke PON 2024 sebanyak mungkin. 

Demikian diungkapkan Binpres KONI Bali, Anak Agung Bagus Tri Candra Arka, Kamis (29/12).  Menurut pria yang biasa disapa Gung Cok itu, Pengprov cabor saat dikumpulkan nanti akan diminta menyampaikan hasil Kejurnas 2022, termasuk jika ada Kejurnas pada 2023 . Sebab, ada juga Kejurnas pada 2023, sebelum Pra PON. Menurutnya, ada juga cabor yang menggelar Kejurnas dirangkai dengan Pra PON. 

"Bagaimana sistemnya itu kami minta cabor menyampaikan secara utuh, di sana kita akan lihat peluangnya dalam Pra PON nanti," kata Gung Cok, yang juga Ketum Pengprov PCI Bali. 

Gung Cok juga menegaskan hasil Kejurnas akan dievaluasi. Contoh, seperti cabor beladiri tarung derajat yang meraih satu emas di Kejurnas. Lalu sejauhmana peluang tarung derajat nanti di ajang Pra PON.
 
"Data real itu kita minta ke cabor, karena saat ini kita mengejar misi lolos PON 2024 sebanyak mungkin, kita dorong semuanya tampil di Pra PON," kata Gung Cok, yang juga Sekum Pengprov Kodrat Bali itu. 

Gung Cok juga menyebutkan, pemanggilan cabor itu sebagai upaya pemetaan awal KONI Bali. Selain itu juga melakukan kajian, ini dalam upaya sport intelegen. 

"Saya tidak ingin berproses karena kejadian, sebab kajian secara utuh harus kita lakukan sebelum turun di Pra PON nanti," kata Gung Cok, yang juga mantan caleg DPRD Provinsi Bali Dapil Badung dari Partai Golkar itu. 

Menurut Gung Cok, ada juga yang lolos PON lewat pembagian sistem wilayah, kuota, wilcard, dan pengumpulan poin. Tetapi, kepastiannya lolos PON itu yang akan lihat sistemnya seperti apa, sehingga peluang cabor di Bali lolos PON nanti tergantung sistem saat Pra PON. 

"Soal anggaran kita akan berjuang dengan maksimal mengelola dana hibah dari Pemerintah Provinsi Bali, makanya kita dorong semua cabor tampil di Pra PON, sebagai kesempatan untuk mengukur kemampuan atletnya jelang PON XXI/2024 di Aceh dan Sumut," tegas Gung Cok.
 
Untuk itu, kata Gung Cok,  tiap cabor juga diwajibkan untuk mengajukan proposal program kegiatan yang akan dilakukan jelang Pra PON nanti. KONI Bali memastikan sebagai jembatan penghubung soal anggaran di Pra PON 2023. dek

Komentar