nusabali

MenPan RB Kunjungi TOSS Center

  • www.nusabali.com-menpan-rb-kunjungi-toss-center
  • www.nusabali.com-menpan-rb-kunjungi-toss-center

SEMARAPURA, NusaBali - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdullah Azwar Anas mengunjungi Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Kamis (29/12).

Azwar Anas disambut Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ny Ayu Suwirta.

Azwar Anas mengatakan, kunjungan ini untuk mengetahui dan melihat lebih dekat cara kerja TOSS Center dan program inovasi Bima Juara (Beli Mahal Jual Murah) serta dampaknya bagi masyarakat. “Sesuai arahan Presiden, inovasi birokrasi harus berdampak kepada masyarakat,” ujar Azwar Anas. 

Bupati Banyuwangi periode 2010-2015 dan 2016-2021 ini mengaku sangat terkesan dan mengapresiasi program inovasi TOSS Center dalam upaya menuntaskan permasalahan sampah dan program Bima Juara dalam mewujudkan kesejahteraan petani dan mengatasi persoalan inflasi daerah. 

“Kami berharap teknologi ini bisa dikembangkan lebih baik lagi dan bisa diterapkan di berbagai wilayah termasuk di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung,” harap Azwar Anas. Sementara Bupati Suwirta menjelaskan, program TOSS Center dan Bima Juara pada tahun 2018 masuk Top 40 Inovasi Pelayanan Publik. Pada tahun 2021, TOSS masuk Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) kategori khusus. Tahun 2022, TOSS masuk Top 5 Outstanding Achievement of Public Services dari KIPP. “TOSS adalah inovasi program milik Pemkab Klungkung yang tercatat untuk ketiga kalinya masuk dalam kompetisi yang digelar Kemenpan RB,” ujar Bupati Suwirta.
 
Bupati Suwirta menjelaskan, Pemkab Klungkung sedang mewujudkan program 100 persen TOSS Desa. Program ini dinilai akan bisa menuntaskan permasalahan sampah khususnya di desa-desa. Dengan dukungan para perbekel dan perangkat desa, TOSS Desa diharapkan bisa melaksanakan program pengelolaan sampah dan mendukung pelaksanaan Peraturan Gubernur Bali Nomor 47 Tahun 2019 tentang pengelolaan sampah berbasis sumber. Setelah mengunjungi TOSS, MenPAN-RB mengunjungi KUD Jaya Werdi Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung. 7 wan

Komentar