nusabali

SMAN 3 Denpasar Gelar Ajang Jurnalistik Presslist dan YSA

  • www.nusabali.com-sman-3-denpasar-gelar-ajang-jurnalistik-presslist-dan-ysa

DENPASAR, NusaBali - Siswa-siswi SMA Negeri 3 Denpasar yang tergabung dalam ekstrakurikuler jurnalistik Madyapadma Journalistic Park kembali menggelar kegiatan tahunan Apresiasi Sineas dan Jurnalis (Presslist) dan Youth Sineas Award (YSA). Kegiatan tahun ini akan diisi dengan puluhan kegiatan terkait jurnalisme.

Puncak acara Presslist yang digelar untuk ke-13 kalinya dilangsungkan pada 23-24 Desember 2022 dilanjutkan dengan YSA edisi ke-8 yang puncak acaranya diadakan pada 21 Januari 2023. Kedua kegiatan tersebut mengusung tema 'Jati Diri Keindonesiaan: Menyentuh Kemanusiaan, Memperteguh Keadilan Sosial'. 

Koordinator Presslist/YSA 2022 Ni Luh Nitya Sawitri, 17, mengatakan Presslist dan YSA bertujuan mewadahi bakat-bakat emas jurnalistik Indonesia khususnya di Bali. Pada kegiatan Presslist lebih dari 50 peserta mengikuti lomba yang berasal dari SMP di seluruh Bali. Sementara siswa SMP/SMA/SMK mengikuti kegiatan lainnya seperti seminar, pelatihan, Focus Group Discussion (FGD), dan pameran. 

"Kita ingin memberi wadah mereka untuk berkembang dalam minat mereka di bidang jurnalistik," ujar Nitya pada konferensi pers di Kubu Kopi Denpasar, Kamis (22/12). 

Tahun ini kegiatan Presslist memadukan unsur daring dan luring. Kegiatan seperti Webinar 'Asyiknya Menjadi Reporter Radio'  telah berlangsung 9 Desember 2022, Pelatihan Riset (13 Desember 2022), Lomba Esai (1-19 Desember 2022), Focus Group Discussion (16 Agustus 2022), Webinar Jurnalisme TV, Lomba Koran Dinding tingkat SMP/sederajat se-Provinsi Bali, dan kegiatan lainnya terselenggara pada 20 Desember 2022.

"Bidang jurnalistik nggak hanya tulis menulis kita juga ingin mereka bisa buat karikatur, jadi reporter radio," tambah Nitya siswa kelas XII MIPA4. 

Dijelaskannya, pada puncak hari pertama Presslist 2022 tanggal 23 Desember 2022 diadakan webinar fotografi, pelatihan berita kisah, dan SEA+ Youth. Sementara itu pada puncak hari kedua 24 Desember 2022 diwarnai oleh kegiatan kelas kognitif. 

Pameran buku jejak literasi Madyapadma dari tahun ke-tahun pun hadir menyemarakkan puncak Presslist 2022. Sebanyak 67 buku karya insan Madyapadma sejak tahun 2009 akan dipamerkan pada khalayak. Tak ketinggalan, persembahan karya inkubator bisnis Madyapadma batch-1 sebagai simbol perjalanan inkubator bisnis Madyapadma yang telah berjalan selama satu tahun. 

Pemimpin Umum Madyapadma Journalistic Park Ni Nyoman Lavanya Iswari Devi, 17, berharap dengan mengikuti kegiatan Presslist dan YSA dapat menjadi bekal para peserta menapaki jenjang prestasi yang lebih tinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Tentunya biar berkembang. Untuk riset misalnya, dengan adanya pelatihan riset yang kita lakukan kita harapannya bisa terus berkembang hingga kancah internasional. Ke depannya riset pelajar-pelajar yang dilakukan di Bali lebih terstruktur, nggak cuma untuk lomba tapi bisa berlanjut mencari donatur hingga hasilnya bisa dipakai masyarakat," tandas siswa kelas XI MIPA1. 7 cr78

Komentar