nusabali

Malam Natal, 39 Pohon Tumbang

  • www.nusabali.com-malam-natal-39-pohon-tumbang

AMLAPURA, NusaBali
39 pohon tumbang terjadi pada malam perayaan Natal di di Karangasem, Sabtu (24/12). Semuanya menimpa rumah, dapur, pura dadia dan sanggah.

Hanya menyebabkan kerusakan ringan, tidak ada korban jiwa. Petugas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem kewalahan menangani bencana itu, penanganan di lapangan bersinergi dengan masyarakat, petugas Polsek dan Koramil setempat. Ini benar-benar panen bencana, BPBD memecahkan rekor dalam hal melakukan jumlah penanganan pohon tumbang dalam satu hari.

Kepala Pelaksanaan BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa membagi seluruh petugasnya menangani bencana pohon tumbang dengan berpindah-pindah ke lokasi pohon tumbang. "Kami melakukan penanganan dari sore hingga malam, seluruh petugas kami kerahkan ke lapangan dengan mengeluarkan semua chainsaw yang ada. Syukurnya, masyarakat, petugas Polsek dan Koramil turun membantu," jelas Ida Bagus Ketut Arimbawa.

Tercatat bencana pohon tumbang di 39 titik, tersebar di Kecamatan Bebandem sebanyak 22 titik, Kecamatan Manggis di 6 titik, Kecamatan Selat di 5 titik, Kecamatan Rendang di 1 titik, Kecamatan Abang di 2 titik, Kecamatan Karangasem di 1 titik, Kecamatan Sidemen di 1 titik, dan Kecamatan Kubu di 2 titik bencana. Ida Bagus Ketut Arimbawa mengakui, bencana pohon tumbang paling parah terjadi di Kecamatan Bebandem, di 22 titik bencana. Sehingga lebih banyak petugas dia kerahkan ke Kecamatan Bebandem.

Khusus di Desa Bebandem, 10 titik bencana, masing-masing, pohon kelapa tumbang menimpa rumah milik Ni Wayan Suganti di Banjar Dukuh, pohon kelapa menimpa warung dan posko milik I Wayan Sukarai di Banjar Tihingan Kauh, pohon nangka menimpa atap rumah dan palinggih sanggah milik I Nyoman Mariasa di Banjar Tihingan Kauh, pohon kelapa menimpa Pura Dadia Pasendetan Banjar Abiantihing Kelod menyebabkan palinggih rong tiga, bale pepelik, palinggih pasimpangan Pura Batur roboh kerugian sekitar Rp 50 juta.

Rumah I Made Losi, juga terima pohon di Banjar Pande Sari, pohon kelapa menimpa gudang milik I Nengah Miarsi di Banjar Tihingan Tengah, pohon kelapa tumbang menimpa rumah I Nyoman Jaya di Banjar Tihingan Kauh, juga menimpa rumah milik I Kadek Kritiya di Banjar Dukuh, rumah milik I Made Putu di Banjar Tihingan Kangin dan menimpa pipa air milik Desa Bebandem di Banjar Tihingan Kauh.

Perbekel Bebandem I Gede Partadana mengakui, banyak bencana pohon tumbang terjadi di Desa Bebandem. "Pohon itu menimpa rumah warga, semuanya telah tertangani, rata-rata bagian atapnya rusak," jelasnya.

Salah satu lokasi pohon tumbang di Banjar/Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, menimpa Pura Penataran Pasek Gelgel Batan Bingin, tertimpa dahan pohon beringin. "Penyebabnya angin kencang, pohon itu sudah berusia tua," jelas I Nengah Puja, Kelian Pura Penataran Pasek Gelgel. *k16

Komentar