nusabali

Hujan Lebat, 9 Pohon Timpa Rumah

  • www.nusabali.com-hujan-lebat-9-pohon-timpa-rumah

Dari sembilan pohon tumbang itu, antara lain, lima pohon tumbang di Kecamatan Bebandem.

AMLAPURA, NusaBali

Hujan lebat mengakibatkan sembilan pohon di Karangasem tumbang hingga menimpa rumah warga, Jumat (23/12) sore. Akibatnya, warga yang jadi korban bencana ini menelan kerugian materiil bervariasi di tempat berbeda.

Pohon tumbang itu ada di Kecamatan Bebandem, Kecamatan Manggis, dan Kecamatan Karangasem.   Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa yang mendapatkan laporan bencana itu secara bergantian dari warga masyarakat. Pihak BPBD langsung membagi tugas  dan terjun ke lokasi kejadian dengan masing-masing membawa chainsaw.

Ida Bagus Ketut Arimbawa menyebutkan, dari sembilan pohon tumbang itu, antara lain, lima pohon tumbang di Kecamatan Bebandem. Pohon aren panjang 15 meter dengan diameter 60 cm menimpa rumah I Made Suanda di Banjar Karanganyar, Desa Sibetan, pohon kelapa panjang 15 meter dan diameter 30 cm tumbang menimpa rumah I Wayan Rai di Banjar Tihingan Tengah, Desa Bebandem, pohon kelapa juga tumbang panjang 15 meter, dan diameter 30 cm menimpa rumah Ni Wayan Suganti di Banjar Dukuh, Desa Bebandem, dan rumpun bambu yang tumbang menimpa atap bangunan rumah milik I Nyoman Suda di Banjar Tihingan Kauh, Desa Bebandem.

Sedangkan tiga pohon yang tumbang terjadi di Kecamatan Manggis, pohon kelapa panjang 12 meter dan diameter 30 cm menimpa rumah milik I Nengah Liwat di Banjar Yehmalet, Desa Antiga Kelod, demplot bibit tertimpa dahan pohon kelapa milik Kelompok Wanita Tani Luwih Lestari di Banjar Kodok, Desa Ulakan, kerugian sekitar Rp 4 juta, dan pohon kelapa yang tumbang panjang 11 meter, dan diameter 30 cm menimpa rumah milik I Ketut Ariawan di Banjar Pekarangan, Desa Ngis, Kecamatan Manggis, kerugian diperkirakan mencapai Rp 15 juta, satu lagi pohon mangga panjang 8 meter dan diameter sekitar 30 cm, tumbang menimpa kabel milik PT PLN, di Desa/Kecamatan Kubu. “Kami sudah tangani semua kejadian itu, dan sebagian telah kami berikan bantuan,” jelas Ida Bagus Ketut Arimbawa.

Setiap korban, jelasnya, dapat bantuan satu paket yang berisi kompor gas lengkap dengan regulator, selimut, paket sembako, matras, sarung dan terpal. BPBD juga menyerahkan bantuan untuk  korban kebakaran dapur milik I Komang Balik, di Banjar Abiantiing, Desa Amerta Bhuana, Kecamatan Selat, kejadiannya, Kamis (22/12) pagi, usai merebus ketupat.*k16

Komentar