nusabali

Harga Bunga Pacar Lebih Mahal dari Beras

  • www.nusabali.com-harga-bunga-pacar-lebih-mahal-dari-beras

GIANYAR, NusaBali
Kepala UPT Pasar Rakyat Gianyar (PRG), Nengah Nama Artawa, mengatakan harga bunga pacar Rp 14.000 per kilogram. Sebelumnya harga bunga pacar hanya Rp 9.000 per kilogram.

Harga bunga pacar melambung drastis. Bahkan harga bunga pacar lebih mahal dari beras yang hanya Rp 12.000 per kilogram.  


Menurut Nengah Nama, harga bunga pacar Rp 14.000 per kilogram merupakan harga tertinggi tahun ini. Biasanya harga tertinggi bunga pacar kisaran sepuluh ribuan. Pasokan bunga pacar datangnya dari petani sekitar Gianyar, Kecamatan Blahbatuh, dan Kecamatan Sukawati. Naiknya harga bunga pacar selain karena permintaan tinggi, juga hasil panen cenderung sedikit. “Tidak bisa diprediksi. Karena cuaca tidak menentu, bunganya rontok di pohon, sedangkan permintaan tinggi. Ini sudah hukum pasar,” ungkap Nengah Nama, Senin (21/11).  

Harga sayur juga melambung. Tomat yang semula Rp 8.000 per kilogram naik menjadi Rp 13.000 per kilogram. Wortel naik dari Rp 14.000 menjadi Rp 16.000 per kilogram. Kacang panjang dari harga Rp 8.000 menjadi Rp 10.000 per ikat jumbo. Bawang merah dari Rp 25.000 menjadi Rp 30.000 per kilogram. Cabai merah Rp 25.000 per kilogram dan cabai hijau Rp 20.000 per kilogram. Kadisperindag Gianyar, Ni Luh Gede Eka Suari membenarkan beberapa komoditas sayur dan bunga pacar naik. “Permintaan tinggi disamping komoditas sayur di beberapa tempat mengalami gagal panen,” terang Eka Suari.

Pasokan sayur di PRG didominasi sayur yang datang dari kawasan Baturiti, Tabanan. Gagal panen sayur di beberapa tempat akibat cuaca yang tidak menentu. “Secara umum harga kebutuhan pokok seperti beras dan kebutuhan pokok lain masih terkendali,” ujar Eka Suari. Dia meyakini kenaikan harga sayur tidak akan bertahan lama. *nvi

Komentar