nusabali

Polsek Gianyar Bekuk Komplotan Remaja Pembobol Kios PRG

  • www.nusabali.com-polsek-gianyar-bekuk-komplotan-remaja-pembobol-kios-prg

GIANYAR, NusaBali - Anggota Polsek Gianyar berhasil membekuk komplotan remaja pembobol kios Pasar Rakyat Gianyar (PRG). Para pelaku di antaranya Dewa Made S, 14, asal Kelurahan Samplangan, I Kadek DA, 13, asal Kelurahan Gianyar, dan I Ketut J, 17, asal Desa Keliki, Kecamatan Tegallalang.

Kapolsek Kota Gianyar Kompol I Gede Sudyatmaja mengatakan, komplotan remaja ini juga terbukti mencuri sepeda motor di Desa Lebih. Kasus ini berhasil diungkap pada Kamis (25/4) sekitar pukul 10.30 Wita. 

Pengungkapan kasus ini bermula dari laporan korban I Wayan Suardana yang kehilangan sejumlah barang dagangan di kiosnya, lantai 4 Pasar Rakyat Gianyar. Korban mengetahui aksi pencurian tersebut pada Sabtu (20/4) pagi. Pedagang asal Dusun Selat, Desa Banjarangkan, Klungkung ini curiga setelah membuka kios di lantai 4 Pasar Rakyat Gianyar. Korban mendapati barang dagangannya berantakan dan rak kaca tempat menyimpan aksesoris dan uang dalam keadaan terbuka. Setelah diperiksa, 1 buah tas serut seharga Rp 50.000, 2 buah cincin ukir yang terbuat dari koin masing-masing seharga Rp 50.000, dan uang tunai Rp 20.000 hilang. 

Pada hari Minggu, 21 April 2024 sekira pukul 08.00 Wita korban kembali mendapati kiosnya berantakan. Saat korban memeriksa barang dagangannya, 6 kalung berbahan titanium putih masing-masing seharga Rp 50.000, 4 buah cincin ukir berbahan koin masing-masing seharga Rp 50.000, dan 4 buah korek api masing-masing seharga Rp 5000 hilang. Korban mengalami kerugian sekitar Rp 690.000. Atas kejadian tersebut korban melapor ke Polsek Gianyar. Dengan adanya laporan masyarakat, Tim Opsnal mendatangi TKP di Pasar Rakyat Gianyar. Tim melakukan olah TKP dan mencari keterangan saksi-saksi yang mengetahui kejadian tersebut dan mengecek CCTV di dalam pasar dan di luar pasar. 

Pada Senin (22/4) sekira pukul 21.00 Wita, Unit Reskrim mendapatkan informasi dari security Pasar Rakyat Gianyar bahwa para pelaku kembali beraksi ke Pasar Rakyat Gianyar. “Tim Opsnal segera bergerak ke lokasi. Sesampainya di lokasi melakukan pengebokan agar dapat mengamankan para pelaku. Tim Opsnal berhasil mengamankan satu orang pelaku Ketut J. Dua orang pelaku lainnya melarikan diri,” jelas Kompol Sudyatmaja. Pada Selasa (23/4) sekira pukul 13.00 Wita, tim opsnal mendapat informasi dari masyarakat Banjar Kesian, Desa Lebih yang kehilangan satu unit sepeda motor Supra hitam DK 3922 KR. Pada waktu yang sama ditemukan dekat rumah korban satu unit motor Supra warna hitam. 

Tim bergerak ke lokasi dan benar telah hilang satu unit sepeda motor. Sepeda motor yang ditemukan itu adalah milik para pelaku. Dengan kejadian pencurian di Pasar Rakyat Gianyar dan satu unit sepeda motor tersebut, tim kembali melakukan penyelidikan lebih intensif untuk mencari keberadaan para pelaku 1 dan 2 dengan cara mencari ke rumah para pelaku, ke rumah teman-temannya, dan melakukan tracing nomor handpone. “Pada Kamis tanggal 25 april 2024 sekira pukul 08.00 Wita tim opsnal mendapat informasi keberadaan para pelaku. Saat diinterogasi, para pelaku mengaku telah melakukan pencurian di Pasar Rakyat Gianyar dan satu unit sepeda motor. Selanjutnya melakukan pencarian barang bukti untuk dibawa ke Polsek Gianyar. 

Para terduga pelaku mengambil barang milik korban dengan cara melompati terali toko. Modus mengambil sepeda motor dengan memasuki pekarangan rumah korban. Saat itu kunci kontak masih nyantol pada sepeda motor. Pelaku beraksi pada malam hari. Pelaku dijerat pasal 363 ayat 1 ke 4 KUHP. “Saat ini para pelaku dan barang bukti diamankan di Unit Reskrim Polsek Gianyar selanjutnya proses penyidikan lebih lanjut,” terang Kompol Sudyatmaja. 7 nvi

Komentar