nusabali

ASN Dituntut Melek Digital, Pemkot Gelar Pelatihan Program GTA

  • www.nusabali.com-asn-dituntut-melek-digital-pemkot-gelar-pelatihan-program-gta

DENPASAR, NusaBali
Pemkot Denpasar mengadakan pelatihan Program Government Transformation Academy (GTA).

Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi digital aparatur sipil negara (ASN).  Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang, Denpasar Utara, Senin (14/11), dibuka oleh Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Pokja GTA Kominfo RI Heri Abdul Azis, Kadis Kominfo dan Statistik Kota Denpasar Ida Bagus Alit Adhi Merta, Kepala Dinas Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Denpasar I Wayan Sudiana, dan pimpinan OPD lainnya.

Sekda Alit Wiradana mengatakan, tren perkembangan era industri 4.0 yang menghadirkan keterlibatan sebuah ‘sistem cerdas’, membawa perubahan ke arah teknologi digital. “Saya kira digitalisasi sudah masuk pada segala aspek kehidupan,” ujarnya.

Dikatakannya, Covid-19 telah menjadi momentum percepatan transformasi digital. Pandemi telah mengubah cara kerja, cara belajar, cara beraktivitas, cara berkreativitas sampai dengan cara bertransaksi finansial.  

“Dampak positif Covid-19 justru telah mendorong akselerasi transformasi digital, berpindah dari ruang fisik ke ruang digital. Transformasi digital tidak terkecuali, merambah pula pada sektor pemerintahan. Terjadi peralihan yang cukup masif dari teknologi analog ke teknologi digital. Mekanisme dan proses pelayanan publik sudah diarahkan ke arah digitalisasi,” imbuhnya.

Wayan Sudiana dalam laporannya mengatakan syarat awal jumlah peserta minimal telah ditentukan yaitu 200 orang, dengan peminat pelatihan tercatat sebanyak 331 orang yang mengajukan permohonan keikutsertaan.

“Untuk itu diadakan penelaahan dan validasi syarat peserta yang saat ini ditetapkan menjadi 258 orang. Dari pegawai non ASN, staf ASN, tenaga pendidikan, pejabat struktural bahkan pimpinan OPD,” ucap Wayan Sudiana.

Pelaksanaan kegiatan dibagi beberapa titik lokasi yaitu di BKSDM, Inspektorat, Diskominfo, Dispar, Disdukcapil, dan di Kantor Camat Denpasar Utara, yang diselenggarakan serentak pada 14 – 18 November 2022 mendatang. *mis

Komentar