nusabali

CEO Walks, Yasushi Itagaki Bertemu Danamoners Bali

  • www.nusabali.com-ceo-walks-yasushi-itagaki-bertemu-danamoners-bali

DENPASAR, NusaBali.com – Sempat ditiadakan selama dua tahun akibat pandemi, agenda CEO Walks kembali digelar PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon). Sebanyak sembilan kota besar, termasuk Bali, dikunjungi Direktur Utama Danamon, Yasushi Itagaki, beserta jajaran manajemen Danamon.

“Kami percaya Bali memiliki potensi ekonomi yang luar biasa. Oleh karena itu, kami hadir di sini untuk memberikan kontribusi terhadap pergerakan ekonomi di Bali. Salah satu contoh kontribusi Danamon adalah pelayanan perbankan digital dan pembiayaan di sektor perdagangan, kesehatan dan pendukung pariwisata” ujar Yasushi Itagaki.

Di Bali, Danamon memiliki 15 kantor cabang dan sebanyak 100.000 nasabah. Sampai dengan Oktober 2022, Danamon telah menyalurkan kredit pembiayaan sebesar Rp 900 miliar dengan komposisi pembiayaan otomotif sebesar Rp 697 miliar melalui anak perusahaannya, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance).

“Bali dengan segala keindahan alam dan budayanya merupakan  salah satu kontributor terbesar terhadap pergerakan roda perekonomian Indonesia melalui sektor pariwisata karena memiliki daya tarik dan keunikan yang sangat besar,” kata Yasushi yang dalam kunjungannya didampingi oleh Direktur Kepatuhan Danamon, Rita Mirasari, Regional Head Branch Network 08 Area Bali – Nusa Tenggara, I Gusti Agus Indrawan, dan Chief Marketing Officer Lily Puspasari.

Kegiatan CEO Walks di Bali pada akhir pekan lalu tersebut  dilakukan dengan bertemu langsung Danamoners, panggilan bagi karyawan Danamon, di berbagai daerah untuk membangun hubungan, menyerap aspirasi dan menyampaikan pesan langsung kepada seluruh stakeholder Danamon di daerah tersebut.

Pasca dibukanya kembali penerbangan domestik maupun internasional ke Bandara I Gusti Ngurah Rai, kunjungan wisatawan ke Bali terus meningkat. Merujuk pada data Badan Pusat Statistik (BPS), wisatawan mancanegara (wisman) yang datang langsung ke Provinsi Bali pada bulan Juli 2022 tercatat sebanyak 246.504 kunjungan, naik 35,72 persen dibandingkan periode bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 181.625 kunjungan. 

Dari angka tersebut, wisatawan yang berasal dari Australia mendominasi kedatangan wisman ke Bali di bulan Juli 2022 dengan share sebesar 32,19 persen. Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang pada bulan Juli 2022 pun tercatat sebesar 37,52 persen

Secara nasional, menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pergerakan wisatawan nusantara ini akan menjadi andalan dalam pemulihan sektor pariwisata nasional pada 2022 dengan target 260 juta–280 juta kunjungan. Diperkirakan, kontribusi sektor pariwisata terhadap PDB Nasional 2022 akan mencapai 4,3%. Sedikit lebih tinggi dari perkiraan capaian 2021, yaitu sebesar 4,2%.

“Untuk mendukung sektor pariwisata dan industri kreatif Bali, Danamon berkomitmen tetap meningkatkan layanan perbankan melalui layanan dan pembiayaan di sektor industri tersebut,” tegas Yasushi Itagaki atau akrab disapa Pak Yaz oleh Danamoners ini.

Selain berkontribusi dalam menggerakan perekonomian Bali melalui layanan perbankan, Danamon juga menunjukkan komitmennya menjaga keberlanjutan dan kepedulian lingkungan melalui kegiatan Danamon Peduli sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. 

“Melalui program Danamon Peduli sebagai bentuk kegiatan CSR Perusahaan, Danamon secara aktif mengampanyekan inisiatif penurunan kadar emisi karbon dan berkolaborasi dengan komunitas tempatnya beroperasi, salah satunya melalui kegiatan Peduli Lingkungan yang melibatkan karyawan serta para pemangku kepentingan lainnya,” ujar Yasushi Itagaki.

Pada bulan Juli 2022 misalnya, Danamon bekerja sama dengan Kelompok Nelayan Prapat Agung Mengening Patasari Kuta, UPTD Tahura Ngurah Rai dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Denpasar untuk melakukan penanaman 10.000 pohon mangrove pada Juli 2022. 

Danamon juga menginisiasi pembangunan taman kota di kawasan Kuta, Bali, dengan melibatkan karyawan Danamon dan komunitas setempat. Seluruh upaya ini didasari oleh pemahaman bahwa tren transisi hijau yang sedang terjadi di Indonesia akan terus berlanjut seiring dengan meningkatnya kesadaran akan berbagai masalah lingkungan yang disebabkan oleh berbagai kegiatan masyarakat dan bisnis, ditambah dengan Indonesia yang telah menetapkan tujuannya untuk mencapai net-zero emission pada tahun 2060. 

Tahun 2022 merupakan titik balik kebangkitan ekonomi dan kembalinya optimisme di Indonesia setelah ketidakpastian dan tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19. Di saat yang sama, Danamon tahun ini memasuki usia ke-66. Perjalanan panjang ini merupakan bukti komitmen Danamon dalam memberikan layanan keuangan dan perbankan terbaik kepada masyarakat Indonesia tidak berhenti termasuk di masa pandemi. 

“Danamon berkomitmen untuk selalu memberikan produk dan layanan terbaik selama masa pandemi kepada para nasabah dan komunitas sesuai dengan nilai-nilai yang dimiliki oleh Danamon, yaitu Berkolaborasi, Integritas, Sigap Melayani dan Adaptif (BISA),” kata Yasushi Itagaki. 

Kegiatan CEO Walks ini masih mengusung semangat #BersamaBersinergi, yang juga merupakan tema HUT Danamon tahun ini. Tema ini didasari oleh visi Danamon yaitu Peduli dan Membantu Jutaan Orang untuk Mencapai Kesejahteraan, di mana Danamon menjadikan karyawan, nasabah dan komunitas sebagai fokus utama. 

Tema ini juga menegaskan perjalanan panjang Danamon tidak mungkin tercapai tanpa kolaborasi dan sinergi dari semua pihak untuk mencapai Visi Danamon, serta menegaskan komitmen Danamon untuk terus memberikan solusi finansial untuk individual hingga korporasi dan menjadi partner yang setia sebagai ‘Bank Pilihan Anda’, dan mewujudkan komitmen  memberikan solusi keuangan agar nasabah dapat memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan mereka.

Komentar