nusabali

Korban Bencana Digelontor Bantuan, PKK Provinsi Bali dan Tabanan Gerak Cepat

  • www.nusabali.com-korban-bencana-digelontor-bantuan-pkk-provinsi-bali-dan-tabanan-gerak-cepat

TABANAN, NusaBali
Gerak cepat dilakukan PKK Provinsi Bali dan PKK Kabupaten Tabanan untuk membantu korban bencana alam di Kabupaten Tabanan.

Masyarakat terdampak khususnya di Desa Abiantuwung Kecamatan Kediri dan Desa Batanyuh Kecamatan Marga digelontor bantuan sembako, Rabu (19/10).  Bahkan kegiatan itu juga dirangkai dengan pemeriksaan dan pengobatan gratis oleh Rumah Sakit Bali Mandara (RSBM) dan Dinas Kesehatan Provinsi Bali, serta pemberian pelayanan pemeriksaan kesehatan mata dan kacamata mratis sebanyak 200 pcs kepada masyarakat di masing-masing lokasi kunjungan. Untuk pemberian kacamata gratis diberikan kepada lansia berupa lensa plus.

Pemberian sembako gratis dipimpin langsung Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster didampingi Ny Rai Wahyuni Sanjaya. Sebelum mereka membagikan sembako, turut pula meninjau lokasi bencana terutama di Banjar Gentar, Desa Abiantuwung yakni Pura Campuhan yang hanyut karena disapu air bah Tukad Yeh Sungi. Bahkan ibu-ibu ini pun meninjau Pura Manik Toya di Banjar Umadiwang, Desa Batanyuh, Kecamatan Marga yang disapu banjir Tukad Yeh Sungi.

Sembako yang dibagikan diterima 50 warga di Desa Abiantuwung Kecamatan Kediri dan Desa Batanyuh, Kecamatan Marga. Turut pula diserahkan 10 paket susu untuk ibu hamil KEK (kekurangan energi kronis), 10 dus PMT (pemberian makanan tambahan) untuk 10 balita gizi buruk dan gizi kurang. Kemudian masing-masing 2 kotak susu untuk lansia, penyandang disabilitas dan kader PKM. Selain itu diserahkan juga 100 bibit manggis.

Ny Putri Suastini Koster mengatakan hadir langsung ke lapangan tujuanya untuk melihat kondisi sebenarnya. Sekaligus untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak sesuai dengan program PKK menyapa dan berbagi.

"Tiang mesadu ajeng (bertemu) dengan bapak, ibu, sambil tiang berbagi membawa kebutuhan pokok yang sangat diperlukan oleh kita semua. Paling tidak, ketika kita berbagi dengan kebutuhan pokok, bapak dan ibu bisa berhemat tidak berpikir lagi dalam sebulan ini untuk mencari tambahan penghasilan, tambahan untuk kebutuhan pokok keluarga," ujarnya.

Kata dia, aksi sosial ini juga bertujuan untuk ikut mensukseskan program nasional penurunan angka stunting di Indonesia, khususnya Bali karena hal itu merupakan menjadi tanggung jawab bersama. Ny Putri Suastini Koster pun meminta permakluman dari masyarakat, karena kedatangannya beserta rombongan nampak secara dadakan, mengingat banyaknya desa-desa dan masyarakat yang terdampak bencana yang mengundang keprihatinan banyak pihak.

"Untuk itu, tiang minta kepada Ibu Ketua TP PKK Tabanan untuk menghadirkan bapak dan ibu yang terdampak bencana. Paling tidak, walaupun kami tidak seutuhnya bisa mencarikan atau memberikan solusi masalah kami hadir menyapa. Jangan berkecil hati ada pemerintah yang akan mencarikan jalan keluar," katanya.

Hal senada disampaikan dengan Ketua TP PKK Tabanan Rai Wahyuni Sanjaya. Program menyapa dan berbagi ini sangat di dukung. Karena tujuannya membantu masyarakat langsung. "Apalagi hadir langsung Ibu Putri Suastini yang secara tidak langsung memberikan semangat kepada masyarakat terdampak," ujarnya. *des

Komentar