nusabali

G20 Berdampak Positif, Kesempatan Indonesia Perjuangkan Kepentingan Nasional

  • www.nusabali.com-g20-berdampak-positif-kesempatan-indonesia-perjuangkan-kepentingan-nasional

DENPASAR, NusaBali.com –  Berbagai kegiatan Presidensi G20 sejak akhir tahun lalu memberi dampak positif bagi Bali, tempat digelarnya KTT G20 pada bulan November mendatang.

“Rangkaian kegiatan KTT G20 mendongkrak ekonomi Bali dan menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia dapat pulih,” kata pengamat ekonomi I Nyoman Mahaendra Yasa, Selasa (18/10).

Rangkaian kegiatan membuat banyak warga negara asing yang datang ke Bali, baik sebagai wisatawan, media maupun perwakilan delegasi negara peserta sehingga dapat meningkatkan penerimaan negara dari sektor pajak maupun devisa negara,”ucap Mahaendra

G20 merupakan kelompok forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa. 

Dalam G20 juga terdapat dua pilar pembahasan, yaitu pilar keuangan yang disebut Finance Track. Dan yang tak kalah menariknya adalah pembahasan pilar Sherpa Track terkait isu-isu ekonomi dan pembangunan nonkeuangan. 

Setiap pilar dimaksud memiliki kelompok kerja yang disebut Working Groups, salah satunya terkait kebijakan pajak.  

“G20 telah memacu OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development / Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi) untuk mendorong pertukaran informasi terkait pajak untuk mengakhiri penghindaran pajak,” kata Mahaendra.

Sebagai anggota forum G20, lanjut Mahaendra, Indonesia bisa mendapatkan manfaat dari informasi dan pengetahuan lebih awal tentang perkembangan ekonomi global, potensi risiko yang dihadapi, serta kebijakan ekonomi yang diterapkan negara lain terutama negara maju. 

Dengan demikian, Indonesia mampu menyiapkan kebijakan ekonomi yang tepat dan terbaik.  “Selain itu, Indonesia juga dapat memperjuangkan kepentingan nasionalnya dengan dukungan internasional lewat forum ini,” tuntas Nyoman Mahaendra Yasa.

Komentar