nusabali

2 Siswa Bangli Tampil di Side Event G20

Bupati Sedana Arta Ungkapkan Rasa Bangga

  • www.nusabali.com-2-siswa-bangli-tampil-di-side-event-g20

BANGLI, NusaBali
Salah satu side event Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Badung, yakni THK Future, Knowledge Summit, Intergenerational Dialogue for our emerging future.

Dalam forum tersebut ditampilkan demo how nurturing computational thinking by gasing method, diciptakan oleh Prof Yohannes Surya.  Pertemuan tersebut diselenggarakan pada 14 Nopember 2022. Dua siswa SD dari Bangli ikut tampil di event in.

Kedua siswa tersebut, Sang Ayu Made Tia siswa kelas IV SD Negeri 5 Kawan dan Anak Agung Kriskhananda siswa kelas IV SD Negeri 3 Kawan, Kabupaten Bangli. Pada demo tersebut ditampilkan bagaimana memelihara pemikiran komputasional dengan metode gasing untuk memelihara generasi masa depan terhubung dengan tepat pada masa depan yang akan muncul. Melalui metode gasing, para siswa dilatih kemampuan matematikanya dengan gampang asik dan menyenangkan. Sehingga matematika semakin dirindu oleh para siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli Komang Pariartha mengatakan 150 siswa Bangli sudah mengikuti pelatihan matematika metode gasing selama dua minggu pada bulan Agustus 2022. "Yang tampil pada rangkain KTT G20 merupakan jebolan pelatihan tersebut dengan hasil  terbaik," ungkapnya.

Menurut Komang Pariarta dalam pembelajaran metode gasing ini anak-anak diajak bermain dan bereksplorasi dengan alat peraga sehingga benar-benar terasa dan terbayang konsep yang ingin disampaikan. Jadi yang abstrak selalu diawali dengan sesuatu yang konkrit, sehingga anak-anak dapat jauh lebih mudah mengerti dan mengaplikasikan konsep yang diajarkan. "Salah satu ciri khas lain dari metode gasing adalah anak-anak dapat melakukan perhitungan di luar kepala (mencongak) dengan cepat," sebutnya.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta di sela-sela kegiatannya menyampaikan rasa bangganya dengan terpilihnya 2 siswa SD Bangli, dalam demo berhitung dalam rangkaian kegiatan KTT G20.

Kata Bupati Sedana Arta, terpilihnya siswa Bangli merupakan bukti bahwa Pendidikan Bangli sudah semakin  maju. "Kami berharap semakin banyak siswa yang mampu berbicara di tingkat internasional," ungkap bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli ini. *esa

Komentar