nusabali

17 Hari, 16 Pengedar Diringkus

  • www.nusabali.com-17-hari-16-pengedar-diringkus

DENPASAR, NusaBali
Satresnarkoba Polresta Denpasar menggelar penangkapan besar-besaran terhadap pengedar narkoba selama 17 hari mulai Sabtu (1/10) hingga Senin (17/10).

Dalam operasi ini, petugas berhasil meringkus 16 pengedar narkoba dengan barang bukti shabu, ekstasi hingga ganja.  
Kombes Bambang mengatakan masalah narkoba menjadi perhatian Presiden Joko Widodo. Dikatakannya, presiden memerintahkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama seluruh jajaran di Indonesia untuk memberikan atensi khusus terhadap kasus narkoba yang dapat merusak generasi penerus bangsa.

"Para tersangka ini berperan sebagai pengedar. Setidaknya pengungkapan kasus ini jajaran Satres Narkoba Polresta Denpasar dapat menyelamatkan 40.000 jiwa dari pengaruh narkoba. Pengungkapan kasus narkoba merupakan perintah dari bapak presiden dan menjadi komitmen dari Kapolri sampai kepada seluruh jajaran untuk bertindak tegas terhadap kasus narkoba," ungkap mantan Kapolres Sukoharjo ini dalam jumpa pers di Mapolresta Denpasar, Senin (17/10) sore.

Kombes Bambang mengatakan dari 9 tersangka dengan kategori barang bukti besar yang paling banyak disita dari tersangka Raihan Rahadi Azhar, 22. Dari tangan tersangka asal Malang, Jawa Timur ini polisi menyita barang bukti 68 plastik klip berisi daun, biji, dan batang kering ganja berat bersih 794,06 gram dan 38 plastik klip sabu berat bersih 8,25 gram.

Tersangka Azhar ditangkap di Perum Giri Kencana, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung. Penangkapan terhadap tersangka ini berawal dari adanya informasi masyarakat.

Barang bukti lainnya yang disita dari 16 tersangka yaitu ganja seberat 2 Kg, shabu seberat 321,66  gram, dan ekstasi sebanyak 379  butir dengan berat 138,94 gram.

Para tersangka ini dijerat Pasal 111 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman     pidana penjara paling singkat 4 tahun paling     lama 12 tahun. Selain itu Pasal 112 ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun.

"Barang bukti dari tersangka dipasok oleh seseorang yang dikenal dengan nama Patron. Semua tersangka yang berhasil diamankan ini berperan sebagai pengedar. Para tersangka ini terlibat narkoba karena tergiur dengan upah yang didapat," tandasnya. *pol

Komentar