nusabali

12 Kursi Panwascam Denpasar Diperebutkan 53 Orang

  • www.nusabali.com-12-kursi-panwascam-denpasar-diperebutkan-53-orang

DENPASAR, NusaBali.com - Sebanyak 53 pelamar di Kota Denpasar akan bersaing memperebutkan 12 kursi yang tersedia sebagai Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Denpasar dalam menghadapi hajatan Pemilu 2024 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pembentukan Panwas Denpasar, I Nyoman Gede Putra Wiratma, Rabu (12/10/2022) sore.

"Mereka inilah yang telah lolos seleksi administrasi dengan rincian 14 orang di Kecamatan Denpasar Barat, 16 orang Denpasar Selatan, 9 orang Denpasar Timur dan 14 orang di Denpasar Utara," jelas Putra Wiratma.

Dalam pemenuhan syarat lolos administrasi ini, Pokja Panwas Denpasar melakukan screening secara ketat, guna memastikan tidak adanya calon Panwascam yang terdaftar aktif sebagai anggota partai politik (parpol).

"Pengecekan kita lakukan melalui SIPOL (sitem informasi parpol) yang disediakan KPU, dan keseluruhannya bersih dari keanggotaan parpol," terang mantan aktivis Gerakan Mahasiswa Nasionalis Indonesia ini.

Selanjutnya 53 orang yang telah lolos administrasi tersebut akan mengikuti tes tertulis menggunakan CAT (Computer Asisted Test) pada Sabtu (15/10/2022), bertempat di SMAN 7 Denpasar mulai pukul 08.00 - 09.30 Wita dan akan terbagi di dua ruangan ujian.

"Nama-nama yang ikut tes tertulis telah kami umumkan melalui sosial media Bawaslu Denpasar dan masyarakat dapat memberikan tanggapan serta masukan terkait nama calon anggota pengawas pemilu kecamatan kepada Pokja pembentukan Panwascam di sekretariat Bawaslu Denpasar, jalan Melati nomor 18 Denpasar," ujar Putra Wiratma yang juga Kordiv Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Denpasar.

Selain itu, ternyata sampai dengan masa pendaftaran berakhir hingga perpanjangan pendaftaran yang dilakukan Bawaslu Denpasar pada tahun ini, animo masyarakat dirasakan cukup meningkat.

Jika pada saat Pilwali (Pemilihan Walikota) tahun 2020 lalu hanya 31 orang pendaftar, maka pelamar saat ini lebih tinggi untuk menjadi pegiat pengawas kepemiluan.

"Dengan animo meningkat ini, diharapkan dapat terpilih panwas-panwas kecamatan terbaik yang memiliki integritas," harapnya.

Panwascam itu nantinya memiliki tugas, wewenang dan kewajiban untuk mengawasi pelaksanaan tahapan dan penyelenggaraan Pemilu di tingkat kecamatan.

Denpasar memiliki empat kecamatan, yang nantinya tiap kecamatan tersebut akan terisi masing-masing tiga orang pengawas.*aps

Komentar