nusabali

Gatriwara Badung Dorong Peran Perempuan Lebih Banyak dalam Pemerintahan

  • www.nusabali.com-gatriwara-badung-dorong-peran-perempuan-lebih-banyak-dalam-pemerintahan

MANGUPURA, NusaBali.com – Kaum perempuan diharapkan memiliki kecerdasan politik untuk menjadi subjek dalam demokrasi dan mampu menjadi motor pendewasaan dalam berpolitik yang berorientasi rakyat bukan golongan tertentu.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Gabungan Istri Wakil Rakyat (Gatriwara) Kabupaten Badung Ni Nyoman Ayu Suarthini Parwata dalam acara lokakarya Peningkatan Kapasitas Perempuan di Bidang Politik, Senin (19/9/2022).

Bertempat di Ruang Pertemuan Gedung DPRD Kabupaten Badung dan diikuti oleh 62 orang istri para wakil rakyat Badung dan politisi perempuan potensial, Suartini berpesan agar para kaum hawa dapat memberdayakan diri dengan berdikari secara ekonomi dan politik juga tanpa melepaskan tanggung jawab sebagai pengayom keluarga.

“Kami juga terus meningkatkan kualitas anggotanya sehingga mampu bersaing secara terbuka dan mampu berkiprah secara aktif dalam memberikan kontribusi pemikiran,” ujar Ayu Suarthini.

Digelar tandem bersama Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Badung, lokakarya tersebut menghadirkan beberapa narasumber seperti Anak Agung Rai Kartini dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Provinsi Bali, I Ketut Rimbawan dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Badung, dan Dr Dra I Gusti Ayu Diah Yuniti dari LSM yang menyuarakan suara kaum perempuan, Bali Sruti.

Kata Kepala DP2KBP3A Kabupaten Badung I Nyoman Gunarta, saat ini perempuan secara perundang-undangan telah diberikan ruang yang sama dengan kaum adam di mana salah satunya diamanatkan sedikitnya harus ada 30 persen perempuan dalam calon legislatif.

“Namun realitasnya saat ini di Kabupaten Badung jumlah perempuan yang menduduki legislatif adalah sebesar  22,5 persen dari seluruh anggota legislatif dengan indeks pemberdayaan gender sebesar 76,99 persen di tahun 2021,” tutur Gunarta.

Oleh karena itu, Ayu Suarthini berharap dengan diadakan lokakarya tersebut, para perempuan khususnya istri wakil rakyat serta politisi perempuan dapat semakin memenetrasi dunia pemerintahan. Dengan adanya perempuan di jajaran strategis pemerintahan maka semakin besar pula sumbangsih terhadap masyarakat dapat diberikan. *rat

Komentar