nusabali

Dukung Ketahanan Pangan, PKK Jembrana Serahkan Bantuan Ratusan Bibit Tanaman

  • www.nusabali.com-dukung-ketahanan-pangan-pkk-jembrana-serahkan-bantuan-ratusan-bibit-tanaman

NEGARA, NusaBali
Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Jembrana menyerahkan bantuan ratusan bibit tanaman kepada kader PKK di 5 desa se–Kabupaten Jembrana.

Penyerahan bantuan bibit tanaman ini dimaksudkan sebagai upaya mendukung ketahanan pangan keluarga sekaligus mengedukasi masyarakat dalam memanfaatkan lahan pekarangan.

Penyerahan bantuan itu dilaksanakan Ketua TP PKK Jembrana I Gusti Ayu Ketut Candrawati alias Candrawati Tamba secara maraton mulai Jumat (9/9) hingga Rabu (14/9). Penyerahan diawali di Desa Delod Berawah, Kecamatan Mendoyo, Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan, Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Desa Dangin Tukadaya, Kecamatan Jembrana, dan terakhir di Desa Baluk, Kecamatan Negara.

Total ada sebanyak 644 bibit tanaman yang diserahkan di 5 desa tersebut. Di antaranya bibit alpukat sebanyak 54 pohon, bibit cabai 100 pohon, bibit pepaya 240 pohon, bibit terong 100 pohon, bibit tomat 100 pohon, dan bibit cempaka sebanyak 50 pohon.

Candrawati Tamba menyampaikan, bantuan bibit tanaman ini merupakan bagian program Aku Hatinya (Amalkan, Kukuhkan, Halaman, Asri, Teratur, Indah, dan Nyaman) PKK. Bantuan bibit ini berasal dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi Bali yang diperuntukan bagi kader PKK desa di 5 kecamatan se-Jembrana.

Menurut Candrawati Tamba, program Aku Hatinya PKK bertujuan menguatkan ketahanan pangan keluarga. Melalui program itu juga diharapkan bisa menumbuhkan gerakan masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan di masing-masing rumah tangga. “Minimal bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari. Jika hasilnya lebih, bisa dijual dan menambah pendapatan ekonomi keluarga,” ujar Candrawati Tamba.

Candrawati Tamba berharap, bantuan bibit yang diserahkan kepada kader PKK desa itu, dijaga dan dirawat dengan baik. Di samping itu juga diperhatikan keberlanjutannya. “Ini kan tanaman berbuah dan berbiji. Nanti bijinya bisa ditanam kembali untuk menghasilkan bibit yang lebih banyak. Semoga ini dapat memberikan manfaat dan diharapkan dapat terbentuknya halaman Aku Hatinya PKK,” kata Candrawati Tamba. *ode

Komentar