nusabali

DKPP Gelar Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan

  • www.nusabali.com-dkpp-gelar-pelatihan-pembuatan-pakan-ikan

SEMARAPURA, NusaBali
50 pembudidaya ikan se-Kabupaten Klungkung mengikuti pelatihan pembuatan pakan ikan, secara daring dari Kantor Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DKPP) Klungkung, Selasa (23/8).

Pelatihan selama dua hari, 22 - 23 Agustus 2022, digelar oleh Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BP3) Banyuwangi, Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan (Puslatluh KP), Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP) Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Pelatihan menghadirkan empat narasumber, I Putu Suarma S Pi dari BP3 Banyuwangi sebagai instruktur madya, Ir Sumartin MP dari Balai Diklat Banyuwangi sebagai widyaswara madya, dan Sri Astutik dari BP3 Banyuwangi sebagai instruktur madya. Pantja Walujo dari Balai Diklat Banyuwangi sebagai widyaswara. Mereka membawakan materi penyiapan alat dan bahan baku, pemilihan dan penghitungan bahan, dan pencampuran bahan serta pelaporan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Klungkung, I Dewa Ketut Sueta Negara mengatakan  pembuatan pakan tersebut diawali dengan pemilihan bahan bahan baku yang teridiri dari tepung ikan, tepung kedelai, tepung jagung, dedak, kanji, mineral, top mix. Lalu dicampur dengan air 10-40 persen, digiling dibentuk pellet. *wan

Komentar