nusabali

Lima Hotel Kawasan The Nusa Dua Raih Sertifikat SMPAP

  • www.nusabali.com-lima-hotel-kawasan-the-nusa-dua-raih-sertifikat-smpap

MANGUPURA, NusaBali
Lima hotel di kawasan The Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, meraih sertifikat Sistem Manajemen Pengamanan Akomodasi Pariwisata (SMPAP) Predikat Platinum dari Pemerintah Provinsi Bali, Polda Bali dan PHRI Bali.

Pemberian sertifikat ini karena lima hotel tersebut dinilai telah memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan tersebut. Lima hotel yang mendapatkan sertifikat, di antaranya Melia Bali Indonesia, The Laguna, a Luxury Collection Resort & Spa, Nusa Dua Beach Hotel & Spa, The St. Regis Bali Resort, serta The Westin Resort Nusa Dua Bali. Hotel tersebut berada di kawasan The Nusa Dua yang dikelola oleh BUMN PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Direktur Operasi ITDC, Troy Reza Warokka, mengatakan pemberian sertifikat SMPAP Predikat Platinum, menandakan adanya kerja sama yang kuat di antara stakeholder serta inovasi untuk bersama-sama mewujudkan The Nusa Dua sebagai kawasan pariwisata unggulan di Bali. “Kami juga akan terus melakukan inovasi-inovasi baru agar kawasan kita dapat menarik semakin banyak wisatawan dari berbagai kalangan,” ujarnya, Minggu (21/8).

Dikatakan, kegiatan assesmen merupakan implementasi Perda Provinsi Bali Nomor 5 Tahun 2020 terkait standar penyelenggaraan kepariwisataan budaya Bali yang bertujuan untuk memastikan akomodasi pariwisata di Bali memenuhi standar keamanan, keselamatan dan kesehatan. Secara garis besar, proses assesmen mencakup beberapa elemen,  di antaranya komitmen dan kebijakan pengamanan, pola penanganan, konfigurasi pengamanan, standar kemampuan dan pelaksanaan pengamanan, serta monitoring dan evaluasi yang tertuang dalam 180 kriteria yang harus dipenuhi oleh setiap akomodasi pariwisata. Hasil assesmen disampaikan dalam 4 peringkat, yaitu Platinum sebagai predikat tertinggi, selanjutnya Gold, Silver, dan belum memenuhi standar.

“Kami berharap penerimaan sertifikat ini dapat menjadi virus yang positif, sehingga seluruh tenant yang lain dapat mengikuti sertifikasi ini, guna mewujudkan kawasan pariwisata The Nusa Dua sebagai tempat yang nyaman dan aman bagi wisatawan untuk berkunjung dan beraktivitas wisata,” harapnya. *dar

Komentar