nusabali

Ngaben Massal di Desa Adat Dukuh Penaban Upacarai 56 Sawa

  • www.nusabali.com-ngaben-massal-di-desa-adat-dukuh-penaban-upacarai-56-sawa

AMLAPURA, NusaBali
Desa Adat Dukuh Penaban, Kelurahan/Kecamatan Karangasem menggelar ngaben massal di setra adat setempat pada Sukra Paing Matal, Jumat (19/8).

Ngaben massal mengupacarai 56 sawa. Krama yang mengikuti upacara ngaben lanjut ngeroras kena biaya Rp 4 juta. Krama dari luar desa kena biaya Rp 7 juta. Upacara ngaben massal dipuput Ida Pedanda Istri Jelantik Kania dari Geria Tegeh, Lingkungan Ampel, Kelurahan/Kecamatan Karangasem.

Bendesa Adat Dukuh Penaban Jro Nengah Suarya menjelaskan, selain mengupacarai 56 sawa juga menggelar upacara ngelungah mengupacarai 58 sawa. Ngaben massal tahun 2022 merupakan yang keduakalinya. Sebelumnya ngaben massal digelar tahun 2016. Sedangkan upacara ngeroras massal merupakan yang pertama kali dilaksanakan Desa Adat Dukuh Penaban.

Disebutkan, usai ngaben massal lanjut ngeroras massal pada Buda Wage Menail, Rabu (31/8) dengan mengupacarai 184 pitra. Bagi krama yang mengikuti upacara ngaben lanjut ngeroras kena biaya Rp 4 juta, sedangkan krama dari luar desa kena biaya Rp 7 juta. Harapannya, agar krama yang telah meninggal tidak ada lagi yang tertinggal, sehingga semua yang telah meninggal diupacarai. *k16

Komentar