nusabali

Kodam IX/Udayana Gelar Dialog dan Bedah Buku Korps Menwa

  • www.nusabali.com-kodam-ixudayana-gelar-dialog-dan-bedah-buku-korps-menwa

DENPASAR, NusaBali - Korps Menwa Ugracena dan Gugus Kebangsaan Provinsi Bali gelar dialog sekaligus peluncuran dan bedah buku ‘Merangkai Jejak Perjalanan Resimen Mahasiswa Ugracena dan Napak Tilas Resimen Mahasiswa Indonesia’ di Makodam IX/Udayana, Jumat (15/7).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Pamen Ahli Pangdam IX/Udayana Bidang Manajemen Sishaneg, Kolonel Inf Waston Purba dan dihadiri sejumlah pejabat lainnya di lingkungan Kodam IX/Udayana. 

Di hadapan para menwa yang merupakan generasi penerus bangsa, Waston Purba mengingatkan untuk membangun Indonesia yang bersatu seperti saat ini melalui proses berat. Diperlukan perjuangan yang panjang dan sikap yang mementingkan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi maupun kelompok.

Waston Purba mengatakan, Kodam IX/Udayana menaruh perhatian dan apresiasi kepada Koprs Menwa Ugracena Provinsi Bali dengan Gugus Kebangsaannya yang secara sadar membangun wadah untuk melestarikan empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI).

"Hal tersebut dipandang sangat penting dan strategis untuk dapat membangun kesamaan visi dan persepsi melalui pengembangan alur budaya, kesamaan pandangan, pemahaman, pengertian dan toleransi, sehingga seluruh komponen bangsa merasa bertanggung jawab atas kemajuan pembangunan nasional dan daerah," jelas Waston Purba.

Sementara itu, Ketua Korps Menwa Provinsi Bali, Bagus Ngurah Rai menyampaikan aspirasi tentang eksistensi Menwa di Bali yang loyal kepada empat konsensus dasar nasional tersebut. Hal itu disebabkan karena Menwa dibangun atas dasar kesadaran dan kecintaan kepada bangsa dan negara.

"Namun kondisi organisasi Menwa saat ini belum memiliki pola pembinaan yang terpadu. Padahal esensi tujuannya adalah sama, yakni membangun wawasan kebangsaan yang solid. Untuk itu, kami sedang menyusun draf Perpres tentang pola pembinaan Menwa, sebagai bahan pertimbangan bagi pengambil keputusan," bebernya. 7pol

Komentar