nusabali

Desa Panji Kenalkan Objek Wisata Gandeng Komunitas Sepeda

  • www.nusabali.com-desa-panji-kenalkan-objek-wisata-gandeng-komunitas-sepeda

SINGARAJA, NusaBali
Pemerintah Desa Panji punya cara unik untuk mengenalkan objek wisata yang dimiliki.

Puluhan pesepeda digandeng dalam event Denbukit Funbike untuk menjajal rute wisata alam yang ada di desa berlokasi di Kecamatan Sukasada, Buleleng, Jumat (15/7). Puluhan pesepeda sudah berkumpul di Lapangan Desa Panji pada pukul 07.00 Wita sebelum dilepas Ketua Umum KONI Buleleng I Ketut Wiratmaja. Peserta  menelusuri jalur bersepeda santai, sambil menikmati titik-titik wisata alam di wilayah Desa Panji.

Sekitar 1,5 kilometer dari lapangan desa, pesepeda melintasi Monumen Bhuana Kerta, pemandangan terasering dari ketinggian di wilayah Munduk Pengorengan,  Air Terjun Pelangi dan finish di objek wisata Tembuku Paras.

Perbekel Panji Made Mangku Ariawan mengatakan, Denbukit Funbike digelar sebagai salah satu upaya promosi Desa Wisata Panji, dengan potensi wisata alamnya. Pesepeda yang terlibat dalam kegiatan ini diharapkan dapat menjadi media promosi dari mulut ke mulut.

“Mereka yang memiliki hobi bersepeda ini, memang mencari trek-trek tanjakan dan ketinggian ini untuk dilintasi. Kami manfaatkan itu untuk mengenalkan potensi wisata alam kami. Sambil bersepeda sambil menikmati pemandangan alam,” ucap Mangku Ariawan.

Dia pun berharap setelah event ini, pesepeda dari berbagai wilayah di Buleleng mengajak keluarga, teman dan teman kantornya untuk berwisata di objek wisata Desa Panji. Mangku Ariawan juga menjelaskan, geografis Desa Panji yang memiliki dataran tinggi, cukup berpotensi menjadi jalur bersepeda. Tidak hanya untuk bersepeda santai, tetapi juga trek liar, spesialis tanjakan, hingga rute downhill. Mangku Panji mengklaim, rute downhill di Desa Panji tak kalah ekstrem dan layak sebagai rute olahraga prestasi.

Sementara itu seorang pesepeda, Komang Budiarsana mengatakan, Desa Panji menyimpan berbagai potensi bagi pesepeda. Menurutnya pesepeda bisa menyesuaikan diri untuk memilih jalur-jalur yang diinginkan. Potensi ini pun harus digarap serius oleh pemerintah desa dan pemerintah kabupaten ke depannya.

“Semua jalur potensial di Panji ini, tinggal ditata saja dengan baik, dibuatkan petunjuk arah dan dipromosikan. Saya yakin jika digarap serius, bisa menjadi daya tarik wisata khusus di sini,” kata Budiarsana.

Ketua Umum KONI Buleleng I Ketut Wiratmaja mengapresiasi upaya Pemdes Panji yang memilih olahraga sebagai sarana promosi wisata. Dia menilai, ajang bersepeda di trek Desa Panji ini bisa dipertimbangkan oleh Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Buleleng. Terutama dalam pembinaan atlet.

“Ini salah satu upaya nyata memasyarakatkan olahraga. Kedepan harapan kami desa-desa lain juga termotivasi, menjadikan olahraga bagian dari keseharian masyarakat,” ucap Wiratmaja. *k23

Komentar