nusabali

Jelang Kompetisi Askot PSSI Denpasar, Wasit Lakukan Penyegaran

  • www.nusabali.com-jelang-kompetisi-askot-pssi-denpasar-wasit-lakukan-penyegaran

DENPASAR, NusaBali.com - Para wasit yang tergabung dalam Asosiasi Wasit PSSI Kota Denpasar, melakukan penyegaran dan pemantapan menjelang bergulirnya kompetisi senior Divisi Utama, Divisi I dan Divisi II yang rencananya digelar oleh Askot PSSI Denpasar.

Sebanyak 20 wasit hadir mengikuti penyegaran dan pemantapan fisik yang bertujuan untuk mengetahui kondisi serta kesiapan dan telah berlangsung selama dua hari, 12-13 Juli 2022  di lapangan Arga Soka, Pegok, Sesetan, Denpasar.

"Materi hari ini untuk mengetes kebugaran Vo2 max para wasit yaitu lari 75 meter sebanyak 40 kali, dengan estimasi waktu 20 detik per lap, hal ini sangat vital sebab dengan kondisi yang prima, maka pertandingan dapat dipastikan berjalan lancar," tutur Anak Agung Ngurah Puta dari Komite Wasit Asprov PSSI Bali yang hadir sebagai pemateri dalam penyegaran wasit tersebut, kepada NusaBali.com, Rabu (13/7/2022) sore.

Kinerja wasit sangat krusial dalam memimpin jalannya sebuah pertandingan, selain fisik yang baik, ketelitian dan pengambilan keputusan yang tepat menjadi bahan juga dalam penyegaran para pengadil lapangan hijau ini. "Sebab poin pentingnya, mereka harus selalu paham tentang 'law of the game' dan memimpin secara fair play," ujar Gung Putra, sapaanya, yang juga wasit senior nasional tersebut.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Komite Wasit PSSI Denpasar, Nasaruddin, mengatakan penyegaran yang pertama kali dilakukan di tahun 2022 ini, dimaksudkan agar para wasit bisa tampil maksimal saat digelarnya Kompetisi Internal Askot PSSI Denpasar.

"Setelah kompetisi kelompok umur, kami memiliki tugas akan memimpin kategori senior, yaitu Divisi Utama serta Divisi I dan Divisi II, dibutuhkan kinerja yang maksimal selain juga sebagai tolak ukur kesiapan rekan-rekan semua," katanya. 

Kesiapan para wasit telah terlihat dari partisipasi aktif dalam penyegaran ini,mereka tampak antusias melahap semua instruksi yang diberikan. 

“Baik yang senior maupun junior tampak kompak, hal ini berefek positif juga untuk regenerasi dunia perwasitan di Kota Denpasar;” pungkas Nasaruddin yang juga anggota tentara aktif dan bertugas di Kodam Udayana tersebut.

Rencananya kompetisi Divisi Utama Askot PSSI Denpasar  akan digelar Senin (18/7/2022) pekan depan dan akan diikuti oleh delapan klub peserta, sedangkan ada total enam klub akan berlaga pada Divisi I dan Divisi II yang rencananya dimulai pada Senin (25/7/2022) mendatang.*aps

Komentar