nusabali

ISI Denpasar Raih Penghargaan Unggul Indikator Kinerja Utama

Pendaftaran Delapan Prodi Diperpanjang

  • www.nusabali.com-isi-denpasar-raih-penghargaan-unggul-indikator-kinerja-utama

DENPASAR, NusaBali
Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar raih penghargaan 'Unggul  untuk Capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 6 Bidang Kerja Sama Perguruan Tinggi dengan Mitra Bereputasi Internasional pada Liga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Satuan Kerja (Satker) se-Indonesia'.

Selain itu, Perguruan Tinggi Seni kebanggaan Bali ini juga sabet prestasi posisi tertinggi IKU pada Liga Perguruan Tinggi Seni Negeri Indonesia.

Prestasi IKU yang diumumkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dikti Ristek) ini merupakan capaian tahun 2021. Penyerahan penghargaan dilakukan secara langsung oleh Plt Dirjen Dikti Ristek Kemendikbud Ristek Prof Nizam, kepada Rektor ISI Denpasar Prof Dr Wayan Kun Adnyana MSn SSn, di Jakarta, Senin (17/6) lalu.

Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim MBA, yang hadir menyaksikan penyerahan penghargaan itu,  menjelaskan bahwa kompetisi pencapaian IKU pada Perguruan Tinggi Negeri merupakan ajang untuk peningkatan prestasi perguruan tinggi dalam membangun kualitas layanan dan daya saing. Kompetisi terbagi dalam beberapa liga, baik antar indikator maupun keseluruhan indikator, yakni Liga PTN Badan Hukum, PTN Badan Layanan Umum, PTN Satker, dan PTN Seni Satker.

Rektor ISI Denpasar, Prof Kun Adnyana, menyatakan bersyukur atas capaian ini. “Penghargaan capaian IKU, baik per indikator maupun seluruh indikator ini, merupakan apresiasi Kemdikbud Ristek atas kinerja Perguruan Tinggi se-Indonesia. Indikator kinerja di antaranya meliputi: kualitas lulusan, pembelajaran Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), kualitas dosen, akreditasi, kerja sama dengan mitra bereputasi, kurikulum, dan juga capaian SAKIP, menjadi orientasi strategis pengelolaan Perguruan Tinggi pada setiap tahun," jelas Prof Kun Adnyana dalam keterangan persnya di Denpasar, Minggu (3/7).

Prof Kun mengakui semua ini diraih berkat kerja keras dan soliditas seluruh pimpinan, dosen, dan tenaga pendidik ISI Denpasar. Menurut Prof Kun, capaian IKU tahun 2021 berhasil melampaui tahun 2020. Ketika itu, ISI Denpasar hanya bercokol pada posisi ketiga di bawah ISI Jogjakarta dan ISI Surakarta.

Untuk capaian IKU 2021, yang diumumkan penghargaannya sepekan lalu, ISI Denpasar berhasil menempati posisi teratas. "Bahkan, Indikator Kerja Sama dengan Mitra Bereputasi, kami meraih terbaik pada Liga PTN Satker, yang mana kompetisinya untuk seluruh universitas atau Institut Negeri Satker se-Indonesia. Tentu ini sangat membanggakan,” tandas Prof Kun.

Mantan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali ini menguraikan, begitu dilantik sebagai Rektor ISI pada 22 Maret 2021, dirinya melakukan pembenahan radikal guna menjawan kontrak IKU yang ditandatangani Dirjen dan Rektor masing-masing perguruan tinggi.

Mulai dari menyusun dan memberlakukan kurikulum MBKM untuk seluruh prodi sarjana dan sarjana terapan, menjalin kerja sama dengan mitra strategis secara masif, memberi fasilitasi peningkatan kualitas penelitian dosen, termasuk mendirikan Jurnal Ilmiah pada setiap prodi, hingga menciptakan wahana  diseminasi baru berupa Bali Sangga Dwipantara (skala Nasional) dan Bali Padma Bhuwana (skala internasional).

"Secara berkala dilakukan evaluasi akselerasi pencapaian IKU dan disiplin melaporkan capaian kinerja," papar Guru Besar Bidang Sejarah Seni Rupa asal Susut, Bangli ini.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni ISI Denpasar, Dr Anak Agung Gede Rai Remawa,  menjelaskan upaya menjalin kerja sama dengan mitra strategis untuk setiap Prodi dilakukan secara masif dan  betul-betul menjawab kebutuhan penyelenggaraan pembelajaran di luar institut sesuai kurikulum MBKM kami.

“Pada tahun 2021, walau pandemi Covif-19 masih tinggi waktu itu, penandatanganan kerja sama tetap kami lakukan dengan metode drive thru, atau penandatangan tanpa pertemuan, turun atau tanpa turun dari kendaraan. Kami juga dedikasikan penghargaan Sewaka Kerthi Mahawidya Nugraha kepada seluruh mitra bereputasi," jelas Doktor Desain lulusan Institut Teknologi Bandung ini.

Pendaftaran Delapan Prodi Diperpanjang untuk mewadahi talenta muda bidang seni dan desain lulusan SMA/SMK empat tahun terakhir, pendaftaran mahasiswa baru Jalur Mandiri ISI Denpasar diperpanjang sampai Rabu 6 Juli 2022. Menurut Agung Rai Remawa, 9 program studi sarjana dan sarjana terapan yang diperpanjang tersebut, meliputi Animasi, Desain Produk, Desain Mode, Kriya, Musik, Pendidikan Seni Pertunjukan, Seni Karawitan, Tari, dan Seni Pedalangan.

“Bagi lulusan Sarjana Rumpun Humaniora,  silakan mendaftar pada Prodi Pendidikan Seni Program Magister dan Prodi Seni Program Magister. Pendaftaran Prodi Magister diperpanjang Sampai Jumat 15 Juli 2022," katanya.

"ISI Denpasar dengan Akreditasi Perguruan Tinggi A memastikan pelayanan pendidikan terlaksana unggul. Talenta muda kreatif mari mendaftar dan bergabung dengan ISI Denpasar,” imbuh Rai Remawa. Sementara, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama ISI Denpasar, Prof  Dr I Komang Sudirga, menyatakan bahwa tata kelola perguruan tinggi memang mesti ditopang kerja sama lintas bidang, baik dengan mitra perguruan tinggi, pemerintah, maupun swasta.

“ISI Denpasar sejak tahun lalu telah melibatkan lebih dari seratus mitra bereputasi, termasuk kalangan profesional dan juga maestro seni serta desain,“ tegas Prof Sudirga. Prof Sudirga menambahkan, penghargaan terbaik untuk capaian IKU tahun 2021 ini, tentunya menjadi catatan prestasi ISI Denpasar dalam mengimplementasikan kampus seni ini sebagai Pusat Hub Seni dan Kreativitas kelas dunia,  Global-Bali Arts and Creativity Centre Hub (G-BACCH). *

Komentar