nusabali

Angka Pengangguran di Tabanan Capai 10.939

  • www.nusabali.com-angka-pengangguran-di-tabanan-capai-10939

TABANAN, NusaBali
Angka pengangguran di Tabanan, sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) per Februari 2022 tercatat 10.939 jiwa.

Jumlah pengangguran tertinggi adalah tamatan SMA/SMK sederajat, sebanyak 4.820 jiwa. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Tabanan I Nyoman Putra menjelaskan angka 10.939 ini sesuai data di BPS tahun 2021, kemudian baru dipublikasikan pada Februari 2022. “Terbanyak adalah tamatan SMA/SMK,” ujarnya, Rabu (29/6).

Kata Nyoman Putra, dengan jumlah angka pengangguran itu Dinas Tenaga Kerja sudah mengambil langkah. Salah satunya program pelatihan/keterampilan untuk dapat menekan angka tersebut.

“Dilihat dari sisi peningkatan kompetensi, kami telah memberi pelatihan berbasis kompetensi melalui LLK (Lembaga Latihan Kerja) disertai dengan MoU penempatan, dan itu sudah kami lakukan, karena diwajibkan dalam juknis pelatihan APBN,” ucap Nyoman Putra.

Menurutnya tak hanya dari segi pelatihan, untuk mengurangi angka pengangguran ini, pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi terkait lowongan kerja ke luar negeri. “Kalau sistem bursa kerja sudah terus kami lakukan, tetapi kalau pameran bursa kerja atau job fair tahun ini tidak kami lakukan lantaran terbentur anggaran,” tandas Nyoman Putra.

Dia pun berharap dengan adanya informasi lowongan kerja dan pelatihan, angka pengangguran bisa berkurang. “Kami harap yang sudah mendapat pelatihan bisa bekerja dengan baik, terlebih lagi bisa kami harapkan menciptakan lapangan pekerjaan,” harap mantan Kadis Pendidikan Tabanan ini. *des

Komentar