nusabali

AP I Target Layani 9 Juta Pengguna Jasa

Januari-Mei 2022 Bandara Ngurah Rai Sudah Layani 3,7 Juta

  • www.nusabali.com-ap-i-target-layani-9-juta-pengguna-jasa

MANGUPURA, NusaBali
Seiring kebijakan yang dilonggarkan dan pembukaan rute penerbangan internasional, PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung optimistis pergerakan pengguna jasa terus meningkat ke depannya.

Bahkan, AP I menargetkan hingga akhir tahun nanti bisa melayani 9 juta pengguna jasa. General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, mengatakan target 9 juta pengguna jasa pada tahun 2022 ini merupakan hal yang sangat wajar. Berkaca dari catatan selama sekitar 5 bulan berjalan (Januari-Mei) tercatat pengguna jasa yang dilayani mencapai 3,7 juta. “Jumlah penumpang mengalami peningkatan dari Januari hingga saat ini. Kami optimis target 9 juta itu bisa tercapai hingga akhir tahun,” ungkapnya, Senin (13/6).

Saat ini, lanjut Handy, trend penumpang memang semakin naik, meski masih belum normal seperti sebelum pandemi. Meski demikian, dia optimistis target 9 juta bisa tercapai, terlebih ada berbagai event yang akan digelar ke depannya. Salah satu yakni KTT G-20. “Di samping itu juga adanya momen Natal dan tahun baru, sehingga kami optimis mudah-mudahan benar-benar bisa tercapai,” katanya.

Disinggung kondisi pergerakan penumpang 5 tahun terakhir, Handi menjelaskan pergerakan penumpaang pada tahun 2015 tercatat 17,1 juta, tahun 2016 sebanyak 19,9 juta, tahun 2017 sebanyak 21 juta, tahun 2018 sebanyak 23 juta, dan tahun 2019 sebanyak 24,1 juta. Namun, pada tahun 2020 mengalami penurunan drastis menjadi 6,2 juta. Ironisnya lagi, pada 2021 penurunan kembali hingga pergerakan penumpang hanya 3,7 juta.

“Mudah-mudahan dengan sejumlah kebijakan dan kemudahan saat bepergian menggunakan pesawat, pergerakan (penumpang) semakin meningkat lagi ke depannya,” harap Handy. *dar

Komentar