nusabali

Ketua DPRD Jembrana Ajak Umat Sedharma Tingkatkan Srada dan Bakti

  • www.nusabali.com-ketua-dprd-jembrana-ajak-umat-sedharma-tingkatkan-srada-dan-bakti

NEGARA, NusaBali
Hari Raya Galungan dan Kuningan yang diyakini umat Hindu sebagai hari kemenangan dharma melawan adharma, akan kembali diperingati pada 8 Juni dan 18 Juni 2022.

Hari Raya Galungan yang diperingati setiap enam bulan sekali, tepatnya setiap Buda Kliwon Dungulan, diyakini sebagai hari kemenangan dharma atas adharma.


Dalam momentum hari suci ini,  Ketua DPRD Jembrana Ni Made Sri Sutharmi bersama Wakil Ketua DPRD Jembrana I Wayan Suardika dan I Made Putu Yudha Baskara mengucapkan selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan kepada masyarakat Jembrana.

Sri Sutharmi mengajak umat sedharma meningkatkan srada dan bakti, sekaligus memperteguh ajaran dharma dalam menjalankan swadharma masing-masing.

Menurut Sri Sutharmi, Hari Raya Galungan dan Kuningan merupakan momentum yang baik dalam mendekatkan diri kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Galungan dan Kuningan kali ini,  menjadi momentum yang baik untuk memohon agar umat manusia terhindar dari bencana alam dan segala marabahaya serta wabah penyakit.

"Meskipun pandemi Covid- 19 belum sepenuhnya berakhir, namun kita patut mengucap syukur dan  berterima kasih atas anugerah Ida Sang  Hyang Widhi Wasa  yang diberikan kepada kita. Sehingga mampu merayakan Galungan dan Kuningan dengan baik. Serta mendoakan agar senantiasa diberikan perlindungan dan tuntunan lahir bathin," kata Sri Sutharmi.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 telah mengubah segala sektor tatanan kehidupan. Termasuk dalam pelaksanaan tata upacara keagamaan di Bali. Namun Sri Sutharmi berharap semua itu tidak mengurangi makna dan arti dalam pelaksanaan upacara keagamaan. Lebih jauh dari itu, sejatinya peringatan Hari Raya Galungan dan Kuningan merupakan proses introspeksi diri dan pendewasaan diri. Baik  secara mental maupun spiritual. *ode

Komentar