nusabali

Gedung PLUT di Bedulu Siap Direhab

  • www.nusabali.com-gedung-plut-di-bedulu-siap-direhab

GIANYAR, NusaBali
Meskipun masih tampak kokoh, Pemkab Gianyar akan segera merenovasi Gedung Pusat Layanan Umum Terpadu (PLUT) Koperasi dan UMKM lantai II di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar.

Rehab ini dengan alasan untuk memaksimalkan pendampingan terhadap koperasi dan UMKM di Gianyar.  "Anggaran renovasi berasal dari Kementerian Koperasi melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 2,1 miliar," ungkap Kepala Dinas koprasi dan UMKM Gianyar I Wayan Arsana, Minggu (5/6). Saat ini tahapan renovasi sudah masuk tender. "Sudah dilakukan proses tender, pemenangnya dengan penawaran Rp 1,4 miliar," ujarnya didampingi Seketaris Dinas Koperasi dan UMKM Gianyar Ida Bagus Agung Purnama. Kata dia, pemerintah pusat juga mengatur proses pembangunannya, seperti harus ada mushola, jalan disabilitas, dan lain-lain.

Arsana menambahkan, fungsi PLUT sangat vital bagi koperasi dan UMKM. Para pengusaha bisa mendapatkan pendampingan mulai dari pembukuan, sampai dengan branding produk. "Ada 75.000 UMKM di Gianyar yang telah terdata. Angka ini termasuk dagang canang," ujarnya.

Pendamping di PLUT selalu siap data, lengkap dengan orang dan usahanya. "Ketika kami minta pengusaha tempe, datang pengusaha tempe. Ketika kami minta perajin, datang perajin. Selalu mereka siap," jelasnya. *nvi

Komentar