nusabali

Harga Telur Ayam Merangkak Naik

  • www.nusabali.com-harga-telur-ayam-merangkak-naik

SINGARAJA, NusaBali
Harga telur ayam pada sejumlah pasar di Buleleng merangkak naik. Harga telur ayam ras besar sebelumnya Rp 45.000 kini naik jadi Rp 48.000/krat (30 butir).

Sedangkan harga telur ayam ras kecil sebelumnya Rp 42.000 naik jadi Rp 45.000. Pedagang telur di Pasar Anyar Singaraja, Buleleng, Luh Sutianing, ditemui Rabu (1/6), menyampaikan kenaikan harga telur sudah terjadi sekitar seminggu belakangan. Kenaikan telur ayam ras bervariasi setiap harinya. Mulai dari harga Rp 42.000 jadi Rp 45.000 dan puncaknya Rp 48.000.

Sutianing tidak mengetahui pasti penyebab kenaikan harga telur. Namun dari informasi yang ia dapat, hal ini diduga karena harga pakan ayam petelur yang naik. "Ya, naiknya bervariasi setiap harinya. Katanya ini kenaikan harga pakan ayam. Bukan karena mau hari raya (Galungan - Kuningan)," ungkapnya.

Pedagang telur lainnya di Pasar Banyuasri Buleleng, I Dewa Nyoman Wenten mengakui hal yang sama terkait adanya kenaikan harga. Selisih kenaikan harga itu mencapai angka Rp 3.000/krat untuk telur ayam ras besar ataupun kecil. Meski begitu dia mengaku jika pelanggan yang datang masih tetap mau membeli telur seperti biasanya. "Pembeli masih tetap ada karena tidak ada pesaing. Kadang yang beli bervariasi, ada yang 3 butir telur 6 butir," singkat Dewa.

Sementara itu, berdasarkan hasil survei harga pasar kebutuhan pokok dari Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Koperasi UKM (Dagperinkop UKM) Buleleng harga telur memang naik. Untuk telur ayam ras yang sebelumnya Rp 24.000 kini menjadi Rp 27.200/kg.*mz

Komentar