nusabali

Senam dan Aneka Lomba Meriahkan HLUN

  • www.nusabali.com-senam-dan-aneka-lomba-meriahkan-hlun

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 100 lansia mengikuti peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-26 di halaman parkir gedung Graha Sewaka Dharma (GSD) Lumintang, Denpasar Utara, Minggu (29/5).

Peringatan ini dimeriahkan dengan senam lansia dan berbagai lomba untuk lansia.  Peringatan HLUN yang digelar Dinas Sosial Denpasar ini mengambil tema ‘Lansia Sehat, Indonesia Kuat’. Selain dimeriahkan dengan senam sehat, mereka juga dituntut untuk mengikuti berbagai lomba secara virtual yang akan dinilai oleh tim juri pada Senin (30/5) hari ini.

Berbagai lomba tersebut yakni lomba berpakaian adat ke pura, lomba joged dan pengibing lansia serta lomba magenjekan. Semua peserta lomba wajib membuat video dan mengirimkannya langsung ke Dinas Sosial untuk dinilai.

Kepala Dinas Sosial Kota Denpasar I Gusti Ayu Laxmi Saraswati mengatakan, ini untuk pertama kalinya melibatkan 100 lansia mengikuti senam serta lomba secara virtual.

“Kami menggandeng Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Denpasar, CSR, Bagian Umum, dan juga Perumda Sewaka Dharma,” kata Laxmi.

Menurut dia, selain kegiatan senam bersama, pihak penyelenggara juga memfasilitasi para lansia memeriksakan kesehatan. Kegiatan ini bekerjasama dengan PPNI Kota Denpasar. Dan juga memberikan kesempatan lansia untuk membuka stand kuliner.

“Stand kuliner ini adalah bentuk pemberdayaan kegiatan produktif bagi lansia. Kami mengharapkan para lansia bisa produktif secara ekonomi. Dan bisa dikatakan ini merupakan post pandemic Covid social awakening. Kami ingin membangkitkan kembali segala aspek, baik aspek sosial, aspek ekonomi, dan lainnya pasca pandemi Covid-19,” ucap Laxmi.

Ketua PPNI Kota Denpasar I Ketut Sudiarta mengatakan, pihaknya ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini untuk memberikan pelayanan khusus bagi masyarakat. “Pada kegiatan ini kami menyediakan pemeriksaan kesehatan meliputi cek tensi, pemberian vitamin, dan terapi komplementer. Kami siap untuk selalu mendukung program pemerintah dari segi pelayanan kesehatan,” ujar Ketut Sudiarta. *mis

Komentar