nusabali

HUT Ke-84, ST Tunggal Adnyana Taruna Gelar Jalan Sehat

  • www.nusabali.com-hut-ke-84-st-tunggal-adnyana-taruna-gelar-jalan-sehat

DENPASAR, NusaBali.com – Sekaa Teruna (ST) Tunggal Adnyana Taruna, Banjar Gelogor, Kelurahan Pemecutan, Denpasar Barat merayakan HUT ke-84 dengan melakukan acara jalan sehat, Minggu (29/5/2022) pagi.

Sejak pukul 07.00, tak kurang dari 300 warga telah berkumpul di Jalan
Bukit Tunggal, Denpasar Barat untuk melaksanakan kegiatan jalan sehat,
kegiatan yang bertahun-tahun tak terdengar di Pemecutan, bahkan di
Provinsi Bali, akibat pandemi.

Menurut Lurah Pemecutan, Ida Bagus Agung Upawana Manuaba, kegiatan ini baru berjalan pertama kali semenjak pandemi di wilayah yang dipimpinnya. Kata Lurah, setidaknya melalui kegiatan ini kerinduan warga mampu terobati, juga membangkitkan kembali kreativitas anak muda.

"Dengan kasus Covid-19 yang turun, vaksinasi booster gencar, bahkan presiden sendiri memberikan kelonggaran, bapak walikota juga memberikan kelonggaran kalau di luar ruangan, kemudian yang booster boleh tidak pakai masker, artinya kita sudah bisa untuk berkegiatan membangkitkan kembali perekonomian walaupun skala kecil, juga saatnya kembali menggali kreativitas," tutur Lurah Upawana Manuaba, seusai kegiatan jalan sehat.

Dalam pelaksanaan jalan sehat, izin Presiden Jokowi pada Selasa, 17 Mei 2022 lalu soal melepas masker di ruang terbuka mulai diimplementasikan warga. Sepanjang perjalanan, sebagian besar warga melepas masker untuk menghirup udara di jalanan. Izin tersebut menjadi salah satu pondasi bagi ST Tunggal Adnyana Taruna, untuk melakukan kegiatan.

Kendati demikian, protokol kesehatan masih tetap berlaku dalam kegiatan ini. Kelian Adat Banjar Gelogor Putu Yudi Pranata mengungkapkan bahwa imbauan soal menjaga jarak dan siaga masker terus dilakukan.

Sejumlah pertimbangan dengan matang dipikirkan lantaran pihaknya tak ingin ada penyebaran Covid-19 lewat acara ini, walaupun belakangan Covid-19 di Kelurahan Pemecutan stabil di angka nol kasus.

"Pertama kita melihat situasi, selama ini kita sudah lama sekali terdampak pandemi. Kemudian terakhir dari pernyataan Jokowi sebagai orang pertama kita menyatakan ada kelonggaran, terutama untuk tidak menggunakan masker," tutur Yudi Pranata.

Yudi mengungkapkan, puncak perayaan HUT ST Tunggal Adnyana Taruna akan dilaksanakan pada Rabu (1/6/2022) nanti tepat pada hari jadi ST Tunggal Adnyana Taruna yang ke-84, sekaligus akan dilaksanakan acara pergantian kepengurusan.

Mulai hari Minggu ini hingga puncak acara nanti, di Balai Banjar Gelogor akan disediakan stan UMKM milik warga. Keterlibatan warga turut menjadi bagian dari aksi pemulihan ekonomi skala kecil yang digagas para pemuda pemudi. Enam hingga 8 lapak dagang digelar, nantinya diharapkan fasilitas ini mampu membantu usaha milik warga sekaligus mengenalkannya kepada setiap tamu yang datang.

Sementara itu, Nyoman Bagus Putra Wirawan, Ketua Panitia acara yang memiliki tema 'Adyana Ulawan Pagering', menambahkan bahwa seluruh warga Banjar Gelogor menjadi target dalam perayaan hari jadi tahun 2022. 

"Target kami keseluruhan warga yang ada di lingkungan banjar turut berpartisipasi, seperti di hari ini ada murid SD, warga adat, hingga dinas," ujar Wirawan.

Komentar