nusabali

Pengurus Koperasi Dibekali Diklat Akuntansi

  • www.nusabali.com-pengurus-koperasi-dibekali-diklat-akuntansi

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Klungkung menggelar diklat (pendidikan dan latihan)  bidang akuntansi bagi pengurus koperasi, di Objek Wisata Petapan Park, Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Senin (23/5).

Diklat ini dibuka Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Ketua Panitia Diklar Ni Nengah Mastini menyampaikan diklat ini ditujukan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan bagi pengurus dan pengelola usaha koperasi dengan prinsip-prinsip akuntansi. Dengan ilmu akuntansi ini keuangan koperasi bisa berjalan tertib, transparan, dan akuntabel. Muaranya yakni meningkatkan kepercayaan anggota dan masyarakat terhadap koperasi.

Diklat akuntasi koperasi ini merupakan diklat angkatan kedua diikuti oleh 25 peserta dari sejumlah koperasi se-Kabupaten Klungkung. Diklat digelar selama 3 hari, 23 - 25 Mei 2022.

Pembukaan diklat ditandai penyematan name tag kepada perwakilan peserta oleh Bupati Suwirta. Bupati didampingi Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, UKM, dan Perdagangan Wayan Ardiasa, dan Perbekel Desa Aan I Wayan Wira Adnyana.

Bupati Suwirta menyampaikan diklat ini merupakan pelatihan penting untuk menguatkan pondasi sumber daya manusia (SDM) koperasi. Karena akuntansi merupakan bagian yang vital sekaligus urat nadi dan darah setiap perusahaan maupun koperasi. Kata dia, seorang akuntan bukan hanya bagaimana menghasilkan laporan keuangan, tetapi juga harus mengerti alurnya. ‘’Maka belajarlah dari dasar, jangan hanya mengandalkan aplikasi. Jika dasarnya dimengerti, maka ketika ada permasalahan rumit, akan mengerti cara mengatasinya,” ujar Bupati Suwirta.

Kepada para peserta diklat, Bupati Suwirta berpesan agar peserta mengikuti pelatihan ini dengan baik. Peserta juga diminta belajar menganalisa keuangan, meningkatkan rasa memiliki, memperkuat team work dan terpenting mewujudkan regenerasi SDM koperasi. *wan

Komentar