nusabali

SMPN 3 Amlapura Wajib Asah 9 Kecerdasan Siswa

  • www.nusabali.com-smpn-3-amlapura-wajib-asah-9-kecerdasan-siswa

AMLAPURA, NusaBali
SMPN 3 Amlapura sejak tahun 2017 mewajibkan mengasah 9 kecerdasan siswa.

Setiap siswa wajib ikut 25 jenis lomba selama satu semester. Lomba ini diharapkan bisa merekam bakat siswa dan prestasi siswa. Siswa SMPN 3 Amlapura sebanyak 776 orang. Setiap akhir semester, para siswa punya point yang merupakan gabungan nilai lomba akademis, non akademis, organisasi, disiplin, karakter, dan yang lainnya.

Kasek SMPN 3 Amlapura I Nengah Puspa mengatakan, tiap akhir semester ada penganugerahan Best Student Award. Tiap kelas ada pemenangnya,” ungkap Nengah Puspa, Kamis (5/5). Penilaian berdasarkan 9 kecerdasan yang dimiliki siswa sesuai filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara yakni pendidikan berpihak kepada siswa. Sebanyak 9 kecerdasan yang dikembangkan menyangkut kecerdasan verbal dan linguistik mengenai kemampuan membaca dan menulis, kecerdasan mengolah angka bidang Matematika dan logika memahami pola berpikir, kecerdasan imajinasi, kecerdasan dengan melakukan aktivitas fisik.

Kecerdasan musikal tentang memainkan musik, kecerdasan memahami diri sendiri atau intrapersonal, kecerdasan ketrampilan sosial, kecerdasan naturalis dengan mengenal benda-benda di alam, dan kecerdasan eksistensial tentang kemampuan diri mengajukan pertanyaan dan mencari jawaban tentang eksistensi manusia. “Pada kenaikan kelas nanti, kami memanggil siswa berprestasi dari 24 kelas. Makanya semua siswa berlomba-lomba menunjukkan bakat dan kemampuannya di segala bidang,” ungkap jebolan pascasarjana UNHI Denpasar ini. *k16

Komentar