nusabali

Capaian Vaksinasi Booster di Bali Tertinggi Nasional

  • www.nusabali.com-capaian-vaksinasi-booster-di-bali-tertinggi-nasional

DENPASAR, NusaBali
Capaian vaksinasi dosis ketiga (Booster) di Provinsi Bali tercatat tertinggi secara nasional mengungguli 33 provinsi lainnya di Indonesia, yakni 62,08 persen.

Gubernur Bali, Wayan Koster pun mensyukuri capaian ini. Dia mengatakan kepemimpinan, sinergitas dan koordinasi yang kuat dalam manajemen bersama Pangdam IX/Udayana, Kapolda Bali, pemerintah kabupaten/kota se Bali serta kepala desa, bendesa adat dan seluruh komponen masyarakat di Bali dalam pelaksanaan vaksinasi booster telah membuahkan hasil.

“Bali merupakan provinsi dengan pencapaian tertinggi dalam vaksinasi booster pada angka 62,08%,” ujar Gubernur Koster dalam keterangan tertulisnya yang diterima NusaBali, Kamis (21/4). Data dari KPCPEN per 17 April 2022 menunjukkan capaian vaksinasi booster di Provinsi Bali jauh di atas posisi kedua, yakni Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang mencapai 44,26 persen. Selanjutnya secara berturut-turut di bawahnya, yakni Jawa Barat 35,74 persen, Banten 35,73 dan DKI Jakarta di posisi kelima 35.34 persen. Capaian ini dihitung menggunakan denominator jumlah sasaran yang eligible untuk booster.

Hal serupa diungkapkan Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, I Made Rentin. Menurutnya, capaian vaksinasi booster memang sudah tinggi di Bali, bahkan untuk Kota Denpasar capaiannya sudah mencapai 78,62 persen pada, Rabu (20/4). Sementara daerah terendah adalah Buleleng yang baru mencapai 41,20 persen. Terdapat 3 (tiga) daerah yang sudah mencapai 60 persen atau lebih, yaitu Badung, Tabanan dan  Gianyar.

Lalu dua daerah sudah mencapai 50 persen atau lebih, yaitu  Klungkung dan Bangli. Selain itu terdapat 3 (tiga) daerah yang sudah mencapai 40 persen atau lebih, yaitu Jembrana, Karangasem dan Buleleng. “Walau capaiannya sudah tinggi, pelaksanaan vaksinasi booster tetap gencar dilakukan,” ujar Rentin yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali ini. Sedangkan perkembangan kasus Covid-19 di Provinsi Bali juga terus menunjukkan tren membaik. Update terkini, Kamis (21/8) kasus positif Covid-19 bertambah 12 kasus, pasien sembuh 35 orang dan 1 orang terkonfirmasi Covid-19 meninggal dunia. *sur

Komentar