nusabali

TPS Liar Bertebaran di Bypass Mantra

  • www.nusabali.com-tps-liar-bertebaran-di-bypass-mantra

GIANYAR, NusaBali
Sepanjang jalan Bypass Prof DR Ida Bagus Mantra kini dijadikan tempat pembuangan sampah (TPS) liar oleh oknum tak bertanggungjawab.

Tampak mulai wilayah Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati hingga Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh.  Pihak pemerintahan desa setempat sulit memantau oknum pembuang sampah sembarangan. Selain jalur bypass ini cukup padat kendaraan, juga diduga aksi tersebut dilakukan pada malam hari.

Perbekel Desa Saba Made Redhana mengakui ada beberapa titik TPS liar di desanya, dekat perempatan Bypas Mantra.

Dia menduga sampah tersebut dibuang warga luar desa. “Itu orang luar yang membuang. Kami sudah koordinasi sama Kadus (kepala dusun, Red) Saba, agar pecalangnya memantau,” ujarnya, Kamis (21/4).

Terkait tumpukan sampah di pinggir jalan itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar. “Karena pengangkutan sampah jalan raya merupakan tanggung jawab kabupaten,” jelasnya.

Usai berkoordinasi dengan DLH, sampah tumpukan tersebut langsung diangkut dengan truk desa untuk selanjutnya dibuang pada tempatnya. “Titik TPS liar itu kini sudah bersih,” jelasnya.

Redhana mengaku, sampah yang dibuang sembarangan itu terdiri dari bongkahan material bangunan hingga sampah rumah tangga dan sampah dagangan. “Ke depannya, kami akan kerjasama dengan Desa Adat Saba untuk memantau,” terangnya.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat Gianyar Ngakan Made Rai istansi terkait lebih intens dalam penanganan sampah. Dia menyayangkan pihak-pihak yang sengaja buang sampah sembarangan di pinggir jalan itu. *nvi

Komentar