nusabali

Bupati Sedana Arta Launching Aplikasi Sadia Pangan

  • www.nusabali.com-bupati-sedana-arta-launching-aplikasi-sadia-pangan

BANGLI, NusaBali
Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, melaunching aplikasi Sadia Pangan saat kegiatan High Level Meeting (HLM) di ruang Krisna Kantor Bupati Bangli, Rabu (20/4).

Launching aplikasi Sadia Pangan dihadiri Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bali, Trisno Nugroho. Dengan aplikasi Sadia Pangan, masyarakat bisa mengakses data perkembangan ketersediaan pangan maupun harga di pasaran.

Bupati Sedana Arta mengatakan, kegiatan High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok, ketersedian pasokan bahan pokok, dan barang strategis lainnya menjelang Hari Raya Idul Fitri. Menurut Bupati Sedana Arta, inflasi yang tinggi akan berpengaruh terhadap standar hidup masyarakat. TPID Kabupaten Bangli wajib menyiapkan berbagai langkah antisipasi menjaga stabilitas harga dan pasokan sembako.

Bupati Sedana Ara meminta TPID Kabupaten Bangli melakukan pemantauan distribusi dan ketersedian serta perkembangan harga bahan pokok dan barang strategis lainnya di empat kecamatan. “Jelang Idul Fitri, kami menggelar pasar murah,” ungkap Bupati Sedana Arta.  Terkait aplikasi Sadia Pangan, Bupati Sedana Arta mengatakan aplikasi ini sebagai bentuk keseriusan Pemkab Bangli terhadap kedaulatan pangan di Kabupaten Bangli. “Dengan adanya aplikasi ini, maka data dan informasi dapat tersaji dengan cepat dan akurat,” jelas bupati yang juga Ketua DPC PDIP Bangli ini.  

Kadis Kominfosan Bangli, I Wayan Dirgayusa menjelaskan, aplikasi Sadia Pangan merupakan media informasi yang memuat kondisi atau ketersediaan pangan di Bangli serta perkembangan harga. Aplikasi ini memuat data yang terbagi dalam kelompok komuditi maupun wilayah. “Contohnya perlu bawang, bisa cek sebaran petani yang punya pasokan bawang dan volume ketersediaan bawang,” ungkap Wayan Dirgayusa. Setiap hari, Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli meng-update data. Update data berdasarkan laporan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL).

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bali, Trisno Nugroho menyambut baik launching aplikasi Sadia Pangan. Menurutnya, dengan aplikasi ini, konsumen dapat mengetahui perkembangan harga pokok dan kebutuhan masyarakat. “Kami berharap investor datang ke Bangli untuk menanamkan modalnya demi kesejahteraan masyarakat Bangli,” harap Trisno Nugroho. *esa

Komentar