nusabali

Komite Banding PSSI Perkuat Hukuman Persipura

Kalahkan Bhayangkara FC 2-1, Persipura Jaga Asa Liga 1

  • www.nusabali.com-komite-banding-pssi-perkuat-hukuman-persipura

JAKARTA, Nusabali
Komite Banding PSSI memperkuat vonis Komite Disiplin PSSI yang menghukum Persipura dengan pengurangan tiga poin, kalah 0-3 dan denda Rp 250 juta dalam  Liga 1 Indonesia 2021-2022 karena menolak atau tidak menghadiri pertandingan menghadapi Madura United.

"Hasil sidang Komite Banding yaitu menguatkan SK Komite Disiplin pada tanggal 8 Maret 2022," tulis Komite Banding PSSI dalam laman PSSI di Jakarta, Rabu (16/3).

Persipura tidak hadir dalam laga melawan Madura United di Bali pada 21 Februari 2022 dengan dalih jumlah pemain mereka tak cukup untuk berlaga karena Covid-19.

Manajemen tim Mutiara Hitam sempat mengajukan penundaan pertandingan yang ditolak oleh operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang menganggap jumlah pemain Persipura masih lebih dari 14 orang sehingga laga tak perlu ditangguhkan.

Namun, Komite Banding PSSI membatalkan vonis Komite Disiplin PSSI terhadap manajer Persipura Arvydas Ridwan Madubun. Dengan demikian, Arvydas Madubun bebas dari larangan beraktivitas di dunia sepak bola selama 12 bulan dan denda Rp 50 juta.

Sebelumnya, Arvydas Madubun dianggap berperan aktif menganjurkan dan/atau menyuruh Persipura untuk tidak menghadiri pertandingan versus Madura United.

Terakhir, masih terkait laga Persipura kontra Madura United, Komite Banding PSSI memperkuat keputusan Komite Disiplin PSSI yang mendenda LIB  Rp 250 juta lantaran tidak menjalankan regulasi Liga 1 Indonesia musim ini.

Sementara itu asa Persipura untuk bertaha di Liga 1 juga masih terbuka setelah pada lanjutan pekan ke-31 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Rabu (16/3), mengalahkan Bhayangkara FC 2-1.

Pada pertandingan ini, Persipura Jayapura unggul lebih dulu melalui eksekusi penalti Ramiro Fergonzi lalu ditambah gol dari Ricky Cawor di akhir babak kedua, sedangkan Bhayangkara FC memperkecil ketertinggalan berkat tendangan bebas Anderson Salles.

Kemenangan ini belum mampu mengangkat Persipura dari posisi ke-16 klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan raihan 27 poin dari 31 laga, sedangkan Bhayangkara FC masih berada di peringkat ketiga dengan torehan 59 poin. *ant

Komentar