nusabali

Pesilat Pelatnas Try In ke Jabar

  • www.nusabali.com-pesilat-pelatnas-try-in-ke-jabar

JAKARTA, NusaBali - Usai mengikuti SEA Pencak Silat Championship pada 22-28 Februari 2022 di Singapura, pesilat Pelatnas SEA Games try in ke Jawa Barat (Jabar).

Sedangkan pesilat untuk Kejuaraan Dunia (Kejurdun) berlatih secara desentralisasi. Mereka balik ke daerah masing-masing hingga dipanggil kembali, termasuk pesilat kelas D asal Bali Kadek Andre Nova Prayada.

"Kalau pesilat Pelatnas SEA Games seperti I Kadek Adi Budiasta tetap latihan di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia (TMII), Jakarta Timur. Mereka diagendakan try in ke Jabar. Kamis minggu depan, sudah berada di sana," ujar pelatih Indro Catur Haryono, Sabtu (5/3).

Indro Catur mengatakan, Jabar dipilih sebagai tempat try in karena try out ke luar negeri merepotkan. Hal tersebut berdasarkan pengalaman saat mengikuti SEA Pencak Silat Championship di Singapura, yang menggunakan sistem bubble. Ruang gerak terbatas. Belum lagi saat sampai di tanah air harus menjalani karantina, yang tidak mandiri dan digabung masyarakat lain, sehingga sulit bagi pesilat untuk latihan.

Padahal, mereka harus terus berlatih. Oleh karena itu, mereka memilih try in di dalam negeri. Salah satunya ke Jabar sebagai pengganti tidak bisa try out ke luar negeri. Di Jabar, para pesilat Pelatnas SEA Games akan menjalani sparring.

"Di Jabar nanti, kami tidak mencari menang atau kalah. Melainkan hanya untuk sparring saja dengan pesilat Jabar. Apalagi, sekarang ada aturan baru dalam pertandingan silat. Untuk itu, perlu adaptasi," kata Indro Catur.

Menurut Indro Catur, ketika SEA Pencak Silat Championship aturan baru telah diterapkan. Namun, masih ada persepsi berbeda antara wasit dengan wasit lain. Begitu pula wasit dengan pelatih silat. "Senin atau Selasa nanti, kami akan evaluasi itu," kata Indro Catur. k22

Komentar