nusabali

Pemilik Kapal Yacht Berbendera Malaysia yang Terdampar Lapor Polisi

  • www.nusabali.com-pemilik-kapal-yacht-berbendera-malaysia-yang-terdampar-lapor-polisi

SINGARAJA, NusaBali
Pemilik kapal yacht berbendera Malaysia yang terdampar di kawasan Pantai Lingga, wilayah Kelurahan Banyuasri, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Stahl Robert Karl, melapor ke polisi.

Warga Negara (WN) Australia itu menduga tali jangkar kapal miliknya sengaja diputus hingga hanyut dari Pantai Lovina Desa Kalibukbuk, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, dan terdampar di pantai sebelah utara SPN Singaraja.

Kasi Humas Polres Buleleng, AKP Gede Sumarjaya dikonfirmasi Kamis (24/2) siang, membenarkan Stahl Robert Karl melapor akibat kapal miliknya hanyut karena diduga tali tambatnya sengaja diputus. Kata AKP Sumarjaya, laporan itu dilayangkan dalam bentuk pengaduan masyarakat (dumas) ke SPKT Polres Buleleng. Laporan itu tengah didalami penyidik Unit Sat Reskrim Polres Buleleng.

AKP Sumarajaya menambahkan, saat ini tengah dilakukan penyelidikan untuk menindaklanjuti laporan tersebut. Polisi tengah meminta keterangan sejumlah orang yang dianggap mengetahui soal kapal yang teregistrasi di Langakawi Interantional Yacht Malaysia tersebut.

"Benar dilaporkan dalam bentuk dumas. Status kasusnya masih dalam lidik dan itupun setelah pemilik kapal datang ke sentra pengaduan Polres Buleleng untuk melaporkan adanya dugaan tindakan yang menyebabkan kapal miliknya terseret arus hingga terdampar," kata AKP Sumarjaya.

Sementara itu, Kasat Polairud Polres Buleleng, AKP I Wayan Parta mengatakan, kapal yacht yang terdampar di Pantai Lingga itu masih berada di lokasi. Namun sudah dilakukan evakuasi dan pengamanan agar kapal tidak rusak terhantam ombak. Kendati tidak diberikan kewenangan langsung, namun pihak Polairud tetap melakukan pemantauan dan pengamanan mengingat kapal tersebut bernilai cukup mahal.

"Karena pemilik kapal masih menunggu pihak asuransi terpaksa kapalnya masih tetap berada di lokasi dan tetap dalam pemantauan dan pengamanan kami," ujar AKP Parta.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, sebuah kapal berbendera Malaysia tanpa awak ditemukan terdampar di Pantai Lingga, wilayah Kelurahan Banyuasri, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, tepatnya di sebelah utara SPN Singaraja, pada Rabu (23/2) pagi. Kapal yacht itu diketahui terdampar sekitar pukul 07.30 Wita dalam kondisi pintu terkunci.

Anggota Sat Polairud langsung melakukan pengecekan kapal di lokasi. Petugas juga berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi Kelas II Singaraja dan KSOP Celukan Bawang untuk memastikan pemilik kapal yacht tersebut. Belakangan diketahui, kapal tersebut milik warga negara (WN) dari Australia, Stahl Robert Karl.

Stahl Robert Karl yang tinggal di kawasan Pantai Lovina, Desa Kalibukbuk, Kecamatan/Kabupaten Buleleng ini, datang ke lokasi. Kepada petugas, dia membenarkan yacht bernama lambung ‘MissLovina’ tersebut miliknya. Kapal tersebut awalnya dilabuh di lepas Pantai Lovina. Jangkar kapal diduga putus kemudian kapal terbawa arus hingga ke Pantai Lingga.*mz

Komentar