nusabali

Tes Calon Perbekel di 3 Desa

  • www.nusabali.com-tes-calon-perbekel-di-3-desa

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Karangasem mengagendakan tes untuk calon perbekel di tiga desa, lantaran di tiga desa dimaksud terdapat lebih dari 5 calon.

Tiga desa dimaksud adalah Desa Antiga Kelod di Kecamatan Manggis, Desa Bukit di Kecamatan Karangasem, dan Desa Culik di Kecamatan Abang. Padahal sesuai aturan calon perbekel maksimal 5 orang, minimal 2 orang.

“Tetapi masih dilakukan seleksi administrasi apa mungkin bakal calon perbekel di tiga desa itu memenuhi syarat sebagai bakal calon. Jika semuanya memenuhi syarat, dilakukan tes,” kata Kadis PMD Karangasem I Made Sugiarta, di Aula Nawa Satya Kantor Bupati Karangasem, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Kamis (3/2).

Tiga desa yang memiliki bakal calon perbekel lebih dari 5 orang adalah Desa Antiga Kelod di Kecamatan Manggis, Desa Bukit di Kecamatan Karangasem, dan Desa Culik di Kecamatan Abang.

Jadwal tes untuk bakal calon perbekel yang lebih dari 5 orang akan digelar pada 8 Februari 2022. Sementara pengumuman calon tetap pada Rabu (9/2), pengundian nomor calon pada Kamis (10/2), dan puncak pemungutan suara, Sabtu (21/5).

Bakal calon di Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, ada 7 orang yang mendaftar, yakni, I Nengah Suardana, 50, dari Banjar Pengalon, I Made Sulatra, 54, dari Banjar Pangitebel, I Ketut Mertha, 54, dari Banjar Pengalon, I Wayan Merta, 61, dari Banjar Yehmalet, I Ngurah Kade Suartika, 44, dari Banjar Pengalon, I Gede Simpen, 53, dari Banjar Yehmalet, dan I Wayan Putra, 50, dari Banjar Pangitebel.

Sedangkan di Desa Culik, Kecamatan Abang, juga muncul tujuh calon, yakni, I Wayan Suela, 45, dari Banjar Geria, I Made Ana Ardiana, 51, dari Banjar Seloni, I Wayan Kariasa, 40, dari Banjar Amertasari, I Made Mudiana Asthira, 59, dari Banjar Pekandelan, Ida Bagus Paras Pratama, 30, dari Banjar Buayang, I Wayan Putu Sedana, 60, dari Banjar Seloni, dan Jro Mangku Tulus, 58, dari Banjar Amertasari.

Sedangkan di Desa Bukit, Kecamatan Karangasem ada 6 bakal calon, yakni, I Wayan Kusuma Randita Wardana, 28, dari Banjar Jumenang, I Wayan Subadra, 53, dari Banjar Bukit Kelod, I Ketut Edy Suarjana, 49, dari Banjar Sekar Gunung, I Gusti Ngurah Winyana, 45, dari Banjar Kebon Bukit, Hasan Iskandar, 44, dari Banjar Karangsasak, dan Sanusi, 58, dari Banjar Kampung Anyar.

Pilkel serentak pada 21 Mei 2022 nanti, tersebar di 51 desa, 554 banjar dinas, 52 lingkungan, terbagi 627 TPS, dengan 213.575 daftar pemilih tetap.

Sesuai amanat Perda Karangasem No 06 Tahun 2007 tentang Tata Cara Pemilihan Pencalonan, Pengangkatan, Pelantikan, dan Pemberhentian Perbekel, terutama pasal 13 (3) calon perbekel paling banyak 5 orang dan paling sedikit 2 orang. 7 k16

Komentar