nusabali

SMPN 1 dan SMPN 2 Kubu Boyong Piala Bupati

  • www.nusabali.com-smpn-1-dan-smpn-2-kubu-boyong-piala-bupati

AMLAPURA, NusaBali
Kontingen putri SMPN 1 Kubu, Karangasem dan kontingen putra SMPN 2 Kubu memboyong piala bergilir Bupati Karangasem dalam WEST (Widyaloka Elite Scout Tournament (WEST) 2022 di SMAN 2 Amlapura, Jalan Untung Surapati Amlapura, Minggu (30/1).

Gelar itu diraih SMPN 1 Kubu setelah memenangkan lomba cerdas putri , juara III lomba tangkas dan juara II lomba kreatif mengubah barang bekas jadi barang berguna, sehingga mengumpulkan skor 2.400, mengungguli SMPN 2 Kubu skor 1.900 dan SMPN 2 Rendang skor 1.350.

Sedangkan kontingen SMPN 2 Kubu memboyong piala bergilir Bupati Karangasem, setelah, juara lomba cerdas, juga lomba tangkas, juara II lomba kreatif, sehingga mengumpulkan skor 2.800, mengungguli SMPN 1 Kubu skor 1.900 dan SMPN 1 Sidemen skor 1.500.

Trofi diserahkan langsung Bupati Karangasem I Gede Dana selaku Kamabicab (Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka) Karangasem. "Ini kegiatan yang sangat bermanfaat untuk pembinaan mental, membentuk karakter siswa, membentuk disiplin siswa, agar lebih kreatif serta memberikan kesempatan kepada siswa yang punya bakat," jelas Bupati I Gede Dana.

Sedapat mungkin katanya lomba itu lebih sering digelar, di tiap sekolah. Sehingga pemetaan kualitas pendidikan di bidang kepramukaan bisa diketahui. Apalagi Pramuka telah masuk kurikulum 2013.

Apalagi di dalam Pramuka katanya telah diatur adanya sumpah janji dan ketentuan moral, sebagai tumpuan pendidikan karakter untuk kelompok siaga ketentuan moralnya tertuang dalam Dwi Darma, dan Dwi Satya merupakan dua komitmen, sebagai kode kehormatannya.

Sedangkan untuk kelompok penggalang, ketentuan moralnya diatur dalam Dasa Darma Pramuka, sedangkan Tri Satya sebagai janji pramuka yang wajib diamalkan, bukan sekadar dihafal.

Ketua Panitia Putu Widhianugraha Yogiswara mengatakan, tahun lalu tetap digelar WEST hanya daring (dalam jaringan). "Ini memang kegiatan rutin setahun sekali," katanya.

Kamabigus SMAN 2 Amlapura Wayan Sugiana menyukuri WEST 2022 bisa terlaksana melalui tatap muka. Sehingga semangat peserta dan gereget lomba lebih terasa. Sebab, peserta merasakan langsung suasana di lapangan, dan merasakan persaingan dengan kontingen lain.

"Kami bersyukur digelar PTM penuh, sehingga baru kali ini bisa menggelar WEST 2022 secara tatap muka, sebelumnya sempat digelar melalui daring, karena belum memungkinkan menghadirkan siswa," jelas Kasek SMAN 2 Amlapura tersebut.

Paling tidak, WEST 2022 telah mampu memberikan wadah untuk siswa SMP berkreatif, sesuai bakatnya masing-masing, sehingga termotivasi melakukan pembinaan di setiap sekolah, karena alat ukurnya saat mengikuti EST tersebut. *k16

Komentar