nusabali

Ditahan Vietnam, Thailand Hadapi Indonesia di Final

  • www.nusabali.com-ditahan-vietnam-thailand-hadapi-indonesia-di-final

SINGAPURA, NusaBali
Timnas Thailand melaju ke final Piala AFF 2020, usai ditahan Vietnam 0-0, pada laga leg kedua semifinal di Stadion Nasional, Kallang, Singapura, Minggu (26/12) malam.

Selanjutanya, Thailand akan menghadapi Indonesia pada final, yang juga dalam dua leg, Rabu (29/12) dan Sabtu (1/1).  Hasil seri itu membuat Thailand unggul agregat 2-0 atas Vietnam di semifinal. Sebab, tim Gajah Perang sebelumnya menang 2-0 dalam leg pertama di stadion yang sama, Kamis (23/12) lalu.

Pada laga itu, Vietnam langsung tancap gas. Mereka membukukan peluang pertama di menit keempat saat Nguyen Tien Linh melepas tembakan setelah menerima umpan Phan Van Duc. Bola mengarah ke gawang, dan mampu diamankan kiper Chatchai Bootprom.

Setelah peluang itu, Vietnam masih terus menyerang dan menguasai permainan dengan menggempur pertahanan Thailand. Namun, upaya serangan mereka mampu dipatahkan barisan pertahanan Thailand.

Baru pada menit ke-26, Thailand membalas serangan dan memberi ancaman. Mulanya Thitiphan Puangchan memberi bola kepada Pathompon Charoenrattanapirom. Sayang, sepakan Pathompon masih tidak mengenai sasaran.

Thailand kehilangan kiper Chatchai yang cedera akibat menghalau bola di menit ke-28. Lalu posisi digantikan Siwarak Tedsungnoen, yang langsung mendapat ujian di menit ke-37 dari tendangan bebas Nguyen Quang. Siwarak [un mampu menangkapnya.

Kedua tim tampil saling menyerang sampai babak pertama berakhir. Namun, tidak ada gol yang tercipta dan kedudukan 0-0 menghiasi waktu turun minum.

Di babak kedua Vietnam tetap menguasai laga. Mereka terus-terusan mengancam ke pertahanan Thailand. Duel paruh kedua berjalan dengan Vietnam tampil sangat dominan.

Beberapa peluang Vietnam lewat Nguyen Quang Hai di menit ke-49 dan 59.  Di menit ke-63, Phan Van Duc melepas tembakan tepat sasaran dan Siwarak mampu mengamankannya. Agresivitas Vietnam terus berlangsung jelang bubaran. Di menit ke-85, tendangan Nguyen Hoang Duc dapat dihalau.

Laga akhirnya tuntas 0-0 dan mengantarkan Thiland ke final menghadapi Indonesia pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022 tetap di stadion National, Singapura.*

Komentar