nusabali

Dua Camat Jawara Seleksi Calon Pejabat Eselon II di Badung

  • www.nusabali.com-dua-camat-jawara-seleksi-calon-pejabat-eselon-ii-di-badung

MANGUPURA, NusaBali
Dua camat di Badung berpeluang terpilih menjadi pejabat Eselon II, setelah menduduki peringkat teratas dalam Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Lingkungan Pemkab Badung yang dilakukan Panitia Seleksi (Pansel).

Mereka adalah Camat Kuta I Nyoman Rudiarta dan Camat Petang, I Wayan Darma. Sesuai pengumuman Nomor 800/1 SiPANSEL-JPT/2021 yang dirilis Pansel yang diketuai Sekda Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, Rabu (22/12), Camat Kuta I Noyoman Rudiarta menduduki ranking teratas lelang calon Kadis Pariwisata Badung, dengan nilai kumulatif 76,08. Rudiarta mengunggli I Ketut Gede Arta (Camat Kuta Selatan) yang berada di peringkat kedua dengan nilai 75,36 dan Wayan Sural Oka Negara (Kabid Infrastruktur &    Kewilayahan Bappeda Badung) di peringkat tiga dengan nilai 75,32.

Sedangkan Camat Petang, I Wayan Darma, menduduki ranking teratas seleksi terbuka calon Kepala Pelaksana BPBD Badung. Wayan Darrna mengungguli Camat Mengwi, I Nyornan Suhartana, yang berada di peringkat kedua dengan nilai 73,71 dan I Wayan Neira (Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Badung) di posisi ketiga dengan nilai 73,36.

Dalam seleksi terbuka kali ini, ada 6 kursi jabatan Eselon II Pemkab Badung yang diperebutkan, setelah kursinya tanpa tuan alias kosong karena pejabat sebelumnya pensiun (ada pula meninggal dunia). Empat (4) kursi jabatan Eselon II lainnya yang diperebutkan, masing-masing Kadis Pendidikan-Pemuda-Olahraga Badung, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD Badung), Direktur RSD Mangusada, dan Staf Ahli Bidang Ekonomi-Keuangan-Pembangunan (Ekeubang) Badung.

Untuk seleksi calon Kadis Pendidikan & Pora Badung, I Gusti Made Dwipayana (yang kini Kabag Pengadaan Barang Jasa Setda Kabupaten Badung) menduduki tangga teratas dengan nilai 76,28. Kemudian, untuk seleksi calon Kepala BPKAD Badung, Ida Ayu lstri Yanti Agustini (yang kini menjabat Kabid Pengelola Keuangan Daerah pada BPKAD Badung) tembus peringkat teratas dengan nilai kumulatif 76,13.

Sedangkan untuk seleksi Direktur RSD Mangusada, dr I Wayan Darta (yang kini menjabat Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Badung) menduduki peringkat teratas dengan nilai 76,83. Dia mengungguli dr I Ketut Japa (kini Wadir Penunjang dan SDM) yang berada di posisi kedua dengan nilai 75,60. Sebaliknya, untuk seleksi calon Staf Ahli Bidang Ekeubang Badung, I Gusti Ayu Agung Trisna Dewi menduduki perimngkat teratas dengan nilai 81,65. IGA Agung Trisna sendiri saat ini menjabat sebagai Kepala UPTD Balai Pengembangan Teknis dan Keterarnpilan Kejuruan Disdikpora Provinsi Bali.

Sekretaris Pansel, I Gede Wijaya, mengatakan hasil proses lelang Jabatan Eselon II ini sudah diumumkan melalui website Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Badung dan lewat papan pengumuman di lingkungan Puspem Badung. Selanjutnya, nama-nama peringkat 3 besar untuk semua poosisi jabatan yang diperebutkan akan dibawa ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mendapatkan rekomendasi.

Setelah itu, kata Wijaya, barulan diserahkan kepada Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta untuk dipilih salah satunya sebagfai pejabat Eselon II di masang-masing posisi yang diperebutkan. “Soal siapa nanti yang dipilih sebagai pejabat Eselon IIb, itu sepenuhnya menjadi kewenangan Bupati Badung,” ujar Wijaya saat dikonfirmasi NusaBali, Rabu kemarin.

Disinggung apakah kandidat yang memperoleh nilai tertinggi aliads peringkat teratas di posisinya otomatis akan dipilih, menurut Wijaya, beloum tentu juga. Sebab, kewenangan mutlak ada di tangan Bupati Badung selaku user. “Kewenangan bupati selaku PPK memilih salah satu dari 3 besar tersebut,” papar birokrat asal Kelurahan Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Badung yang kini menjabat Kepala BKPSDM Badung ini.

Sementara itu, Camat Kuta I Nyoman Rudiarta mengaku sudah mengetahui perolehan nilai yang diumumkan oleh Pansel. “Ya, begitu (saya memperoleh nilai tertinggi untuk kursi calon Kadis Pariwisata Badung, Red),” ujar Rudiarta saat dikonfirmasi NusaBali terpisah, Rabu kemarin. Namun, Rudiarta enggan memberikan komentar lebih jauh terkait bisa terpilih sebagai Kadis Pariwisata Badung atau tidak. Sebab, semua itu kewenangan bupati.

Paparan senada juga disampaikan Ida Ayu Istri Yanti Agustini, yang menduduki tangga teraytas seleksi calon Staf Ahli Bidang EkeuBang Badung. Yanti Agustini mengatakan semua adalah kewenangan bupati untuk menentukan siapa yang akan dipilih jadi pejabat Eselon II.

Andaikan nanti terpilih, Yanti Agustini menyebut itu merupakan amanah yang harus dilaksanakan. “Di mana pun kita melaksanakan tugas, itu adalah amanah, sehingga harus saya laksanakan secara maksimal,” tandas Yanti Agustini. *asa

Komentar